Cerita Eko Agus Suwandi Sulap SMA Negeri Biasa Menjadi Sekolah Ketarunaan

Kepala Sekolah SMAN 5 Taruna Brawijaya Eko Agus Suwandi, saat menerima penghargaan dari Radar Kediri sebagai SMA terpopuler yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar.
Kepala Sekolah SMAN 5 Taruna Brawijaya Eko Agus Suwandi, saat menerima penghargaan dari Radar Kediri sebagai SMA terpopuler yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar. (Foto: Instagram sma.taruna.brawijaya)

KEDIRI, Tugumedia.id – Perubahan ini kami harapkan sebagai salah satu upaya untuk membentuk generasi muda yang berkarakter, dan mendedikasikan yang terbaik untuk kebaikan kemajuan  kehidupan bangsa dan negara. Komitmen ini ditegaskan Kepala SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur Eko Agus Suwandi saat peresmian sekolah taruna tersebut.

Generasi muda adalah aset berharga yang dimiliki oleh negara. Untuk menjawab tantangan tersebut dibentuklah SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur yang sebelumnya adalah perubahan dari SMAN 5 Kota Kediri. Langkah besar ini tidak lepas dari arahan dan komando Eko Agus Suwandi.

Pria yang lahir pada 14 Agustus 1973 tersebut, menjawab keraguan banyak pihak dengan prestasi yang saat ini ditorehkan SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur baik di provinsi maupun nasional.

Sekolah ini menjadi miniatur pendidikan berbangsa dan bernegara, karena disini siswa berasal dari berbagai provinsi, berbagai suku, agama, namun tetap bersama. Lebih lanjut SMAN 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur tersebut menjadi sekolah pioner dan percontohan bagi sekolah negeri lain di Jawa Timur.

“Kami siap mencetak pendidikan generasi muda berkarakter berjiwa pemimpin. Apalagi ini merupakan sekolah unggulan yang berasrama dan dikelola oleh pemrpov dan bekerjasama dengan TNI-AD yang dibentuk untuk menjawab tantangan masa depan,”ucap Pabandya Sahlur Rindam V Brawijaya Letkol Inf Arif Nurbiyanto saat sesi peresmian beberapa waktu lalu.

Tak tanggung-tanggung untuk memastikan sekolah tersebut berjalan sesuai dengan arahan dan komandonya, Eko selalu turut serta terjun dalam pelatihan maupun kegiatan sekolah dan tidak jarang mengevaluasi setiap kebijakan maupun program yang kurang maksimal dan tidak mencapai sasaran.

Terhitung sejak diresmikan tahun 2021 lalu, SMAN 5 Taruna Brawijaya telah berhasil mencetak lulusannya untuk TNI/POLRI, Akademi Militer (AKMIL), sekolah kedinasan, dan perguruan negeri ternama di Indonesia. Ini membuktikan betapa luas rekam jejak lulusan sekolah tersebut yang tidak hanya berkecimbung di dunia militer saja.

Writer: Laoh MahfudEditor: Herlianto. A