Daftar 6 Menteri Baru dan 5 Wamen yang Dilantik Jokowi - Tugujatim.id

Daftar 6 Menteri Baru dan 5 Wamen yang Dilantik Jokowi

  • Bagikan
Jokowi dan Ma'ruf Amin beserta 6 menteri baru yang dikenalkan di Istana Negara, Selasa (22/12/2020) petang. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden) daftar menteri baru jokowi
Jokowi dan Ma'ruf Amin beserta 6 menteri baru yang dikenalkan di Istana Negara, Selasa (22/12/2020) petang. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA, Tugujatim.id – Usai mengenalkan sosok 6 menteri baru Selasa (22/12/2020) kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya resmi melantiknya hari ini (23/12/2020). Tak hanya 6 menteri baru, 5 wakil menteri (wamen) juga ikut dilantik pada prosesi yang digelar di Istana Negara, Rabu (23/12/2020).

Pada prosesi pelantikan menteri baru dan wamen baru tersebut, Jokowi tampak didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Pada pelantikan tersebut, Jokowi mengambil sumpah para menteri dan wamen dengan didampingi rohaniawan.

Baca Juga: 6 Tips Perawatan Motor saat Musim Hujan

Salah satu poin sumpah  tersebut adalah terkait menjunjung etika jabatan dan amanah rakyat.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Jokowi yang ditirukan oleh para menteri dan wamen baru yang dilantik.

Usai mengambil sumpah jabatan tersebut, acara pelantikan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian berlanjut dengan Jokowi bersama Ma’ruf Amin mendatangi satu per satu menteri dan wakil menteri untuk bersalaman jarak jauh.

Untuk diketahui, pelantikan menteri baru tersebut berdasar Keputusan Presiden Nomor Nomor 133/P/2020 tentang Pengisian dan Penggantian beberapa menteri negara Kabinet Indonesia Maju. Sedangkan untuk pelantikan wamen, berdasar Keputusan Presiden Nomor 76/M/2020 soal pemberhentian dan pengangkatan wamen.

Prosesi pelantikan menteri baru dan wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju oleh Jokowi di Istana Negara, Rabu (23/12/2020)
Prosesi pelantikan menteri baru dan wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Rabu (23/12/2020). (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)

Baca Juga: Tanaman Hias Paling Tren 2020 yang Bisa Ditanam Tanpa Bingung Lahan Luas

Berikut adalah daftar 6 menteri baru Jokowi di Kabinet Indonesia Maju:

  1. Menteri Sosial: Tri Rismaharini
  2. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Salahudin Uno
  3. Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin
  4. Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas
  5. Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono
  6. .Menteri Perdagangan: Muhammad Lutfi

Berikut adalah daftar 5 wakil menteri baru yang dilantik:

  1. Wakil Menhan Letjen TNI M. Herindra
  2. Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej
  3. Wakil Menkes dr.Dante Saksono Sp.PD, Ph.D, KEMD
  4. Wakil Mentan Harfiq Hasnul Qolbi
  5. Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansyuri

(gg)

Haul Virtual Gus Dur ke-11 bersama Tugu Malang dan Tugu Jatim. (Foto: Dokumen)
Haul Virtual Gus Dur ke-11 bersama Tugu Malang dan Tugu Jatim. (Foto: Dokumen)
  • Bagikan