Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu Beri Tip Sembuh dari Covid-19

Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu Beri Tip Sembuh dari Covid-19

  • Bagikan
Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra saat vaksinasi. (Foto: Rap/Tugu Jatim)
Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra saat vaksinasi. (Foto: Rap/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Dandim 0818 Kabupaten MalangKota Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra pernah terkena Covid-19 pada November 2020 lalu hingga akhirnya dinyatakan sembuh dan kini sebagai penyintas.

Mengingat dia pernah terpapar virus asal Wuhan ini, Yusub memberikan beberapa tip berdasarkan pengalamannya agar masyarakat yang sudah terkena Covid-19 bisa segera sembuh.

“Kalau Covid-19 ini sebenarnya semacam flu, jadi bisa menular atau tidak pada orang lain. Kalau misalkan terkena penyakit flu dan minum obat, menjalankan anjuran dokter, dan mematuhi protokol kesehatan (prokes) insya Allah akan sembuh,” ujarnya usai vaksinasi di RSUD Kanjuruhan Kepanjen pada Kamis (18/02/2021).

Dia menegaskan jika sudah telanjur terkena Covid-19 agar mulai rajin berolahraga, makan makanan bergizi, dan istirahat yang cukup.

“Terpenting, saran saya kalau sudah terkena mulai menjaga kondisi, dalam artian teratur berolahraga, makan makanan bergizi, serta istirahat yang cukup,” tegasnya.

Virtual Class Tugu Malang x Paragon, Tugu Jatim, Tugu Media Group
Ads.

Yusub yang memiliki status sebagai penyintas, akhirnya bisa vaksinasi pada tahap kedua Kamis siang.

“Saya kan sebagai penyintas sudah 4 bulan juga, jadi setelah di-screening dan memenuhi syarat ya divaksinasi sesuai instruksi presiden. Sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19, ya laksanakan. Sesuai ketentuan dari menteri kesehatan itu aturannya minimal 3 bulan. Tapi, melalui screening dan angka-angka kesehatannya sudah memenuhi syarat, bisa melaksanakan vaksinasi,” sambungnya.

Dia juga mengaku tidak merasakan apa pun selama vaksinasi dan 30 menit pasca vaksinasi.

“Saat vaksinasi, baik saat penyuntikan sampai 30 menit setelah penyuntikan. Alhamdulillah, tidak merasakan apa-apa,” bebernya.

Yusub menuturkan agar masyarakat tidak takut ikut vaksinasi dan mengimbau masyarakat yang sudah vaksinasi agar tetap melaksanakan 5M. Yaitu, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Saya imbau kepada masyarakat jangan takut karena vaksinasi ini sudah terbukti halal dan aman. Tapi, saya imbau juga setelah vaksinasi, 5M tetap dilaksanakan, jangan lupa ya,” ujarnya. (rap/ln)

  • Bagikan