Densus 88 Tangkap 2 Terduga Teroris Jaringan JI dan JAD di Jatim

  • Bagikan
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko saat konferensi pers Humas Polda Jatim, Jumat (02/04/2021). (Foto: Dokumen/Polda Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko, membenarkan adanya penangkapan terduga teroris yang dilakukan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, di dua daerah Jawa Timur, yakni Surabaya dan Tuban, Jumat (2/4/2021).

Dua terduga teroris yang berhasil diamankan Tim Densus 88 itu di kawasan Simo Pomahan Surabaya, berinisial S (41) dan Purboyo Mayangsekar, Tuban berinisial RH alias AO (42). Keduanya merupakan terduga teroris dari jaringan yang berbeda.

“Kedua terduga teroris ini ditangkap secara bersamaan pada Jumat (02/04/2021), namun kedua terduga teroris ini dari dua jaringan yang berbeda, untuk S dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI, red), dan RH alias AO dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD, red),” terang Kombes Pol Gatot, Jumat (02/04/2021).

Tidak Berkaitan dengan Bom Makassar dan Penyerangan Mabes Polri

Selain itu, Kombes Pol Gatot juga mengatakan kedua tersangka yang diamankan dari dua daerah ini tidak ada kaitannya dengan pelaku teroris di Makassar dan Mabes Polri.

“Kedua tersangka ini tidak ada kaitannya dengan teroris atau pelaku bom bunuh diri di Makassar dan pelaku penembakan di Mabes Polri,” jelasnya.

Dari penangkapan kedua terduga teroris itu, Densus 88 melakukan pengamanan terhadap keduanya dan melakukan penggeledahan rumah kedua terduga teroris. Salah satunya seperti yang telah dilakukan di Tuban.

Dalam berita yang dirilis Tugu Jatim, Densus 88 Mabes Polri telah melakukan penangkapan terduga teroris Roby Hartoyo (42) alias Abi Omar (A-O), warga Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban diamankan, Jumat (02/04/2021) sekitar pukul 10.45 WIB. AO ditangkap usai mengantarkan anaknya untuk les privat ke rumah adik kandung terduga teroris.

Sebagai informasi, sesuai yang ditulis Tugu Jatim, terduga teroris di Tuban diamankan karena terlibat mengikuti ‘WhatsApp Group’ Akhlaqul Karimah yang dibuat Abu Dayyan dengan plot merencanakan melakukan aksi teror dengan sasaran Wakil Presiden dan tokoh NU. (Rangga Aji/gg)

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Tuban, Diamankan Usai Antar Anak Les

  • Bagikan