Dirut Pegadaian Kuswiyoto Cerita Karir hingga Berbagi Kiat Sukses saat Kunjungi Kantor Tugu Media Group - Tugujatim.id

Dirut Pegadaian Kuswiyoto Cerita Karir hingga Berbagi Kiat Sukses saat Kunjungi Kantor Tugu Media Group

  • Bagikan
Kuswiyoto. (Foto: Rubianto/Tugu Malang)
Dari kiri, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana, CEO Tugu Media Group Irham Thoriq, Dirut PT Pegadaian Kuswiyoto, dan Pimpinan Wilayah PT Pegadaian XII Surabaya Mulyono di kantor Tugu Media Group, Senin (17/01/2021). (Foto: Rubianto/Tugu Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Ada tamu istimewa di Kantor Tugu Media Group, perusahaan media yang menaungi www.tugumalang.id dan www.tugujatim.id, Senin pagi (17/01/2021). Dia adalah Direktur Utama (Dirut) PT Pegadaian Kuswiyoto.

Tak sendirian, dia berkunjung ke kantor yang berada di Jalan Dirgantara, Kota Malang, tersebut ditemani Sekretaris PT Pegadaian R. Swasono Amoeng Widodo dan Pimpinan Wilayah PT Pegadaian XII Surabaya Mulyono.

Kedatangan Dirut Pegadaian Kuswiyoto ke kantor Tugu Media Group ini berkat bantuan undangan dari Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana. Dalam pertemuan sekitar satu jam setengah tersebut, Aqua yang merupakan doktor komunikasi ikut serta menyambutnya secara langsung.

Kuswiyoto. (Foto: Rubianto/Tugu Malang)
Dari kiri, Dirut PT Pegadaian Kuswiyoto dan CEO Irham Thoriq melihat foto-foto di kantor Tugu Media Group, Senin (17/01/2021). (Foto: Rubianto/Tugu Malang)

Kunjungan Kuswiyoto ini bisa dibilang luar biasa bagi Tugu Media Group. Lantaran, pria asli Kediri ini mempunyai jadwal yang sangat padat. Selain itu, kunjungan alumnus Universitas Airlangga dan Washington University ini hanya direncanakan sehari sebelumnya.

Para tamu tersebut ditemui langsung oleh CEO Tugu Media Group Irham Thoriq, General Manager tugumalang.id Fajrus Sidiq, General Manager Bayu Eka Novanta, para redaktur, wartawan, dan sejumah karyawan lain.

“Ayo pemuda, harus semangat,” kata Kuswiyoto menyapa para penggawa Tugu Media Group yang mayoritas berumur 30 tahunan itu.

Kuswiyoto. (Foto: Rubianto/Tugu Malang)
Karikatur yang diberikan Tugu Media Group untuk Dirut PT Pegadaian Kuswiyoto. (Foto: Dokumen)

Setelah turun dari mobil, Kuswiyoto langsung melihat suasana kantor yang dipenuhi foto-foto kegiatan Tugu Media Group. Seperti donasi Gempa Malang yang pengumpulannya hampir tembus Rp 250 juta. Ada juga foto-foto saat Tugu Media Group ulang tahun yang kedua. Hingga sejumlah logo brand yang sudah bekerja sama.

“Ini ada logo Pegadaian, kebetulan saat Haul Gus Dur 2020, Pegadaian salah satu sponsornya,” kata Irham Thoriq.

Setelah itu, Kuswiyoto dan tim duduk di ruang tamu. Sambil ngobrol gayeng, Kuswiyoto menikmati durian dan pisang goreng.

“Kata siapa saya suka durian, saya makan dikit saja sudah cukup, saya sukanya beli durian,” kata Kuswiyoto disambut tawa yang lain.

Jadwal Padat, Sempatkan Podcast di Tugu Media Group

Karena jadwal yang padat, waktu ngobrol-ngobrol pun berlangsung singkat. Setelah itu, Kuswiyoto syuting podcast dengan host Irham Thoriq. Podcast tersebut bertitel Tugu Inspirasi, membincang inspirasi dengan orang-orang hebat.

Dalam podcast tersebut, dia membeberkan secara singkat perjalanan karir hingga program-programnya di PT Pegadaian. Tak hanya itu, dia juga memberikan wejangan motivasi untuk generasi muda Indonesia.

Untuk menuju posisinya saat ini, dia mengatakan, kesuksesan itu sebenarnya cukup gampang diraih. Yakni, dengan menempatkan diri dalam pergaulan yang baik.

“Kalau kita mau jadi orang saleh bergaul dengan alim ulama. Kalau ingin jadi orang pintar, bergaul dengan orang-orang pintar. Kalau mau kaya, bergaulah dengan orang kaya,” jelasnya.

“Jadi, kita itu cerminan dari 5 orang terdekat di sekitar kita,” bebernya.

Menurut dia, pergaulan sangat perlu ditata dengan baik agar bisa menjadi pemimpin besar. Dia juga memaparkan prinsip pemimpin yang baik.

Kuswiyoto. (Foto: Rubianto/Tugu Malang)
Dirut PT Pegadaian Kuswiyoto dan rombongan foto bersama Dr Aqua Dwipayana serta karyawan Tugu Media Group, Senin (17/01/2021). (Foto: Rubianto/Tugu Malang)

“Seorang pemimpin sukses itu adalah pemimpin yang bisa mengangkat anak buahnya untuk bisa sukses melebihi kesuksesannya. Saya selalu berprinsip, kasih saya hansip, setahun kemudian akan saya jadikan kopasus,” ucapnya.

Menurut dia, seorang pemimpin juga harus bisa membina anak buahnya untuk bisa berkembang dengan baik. Sebab, tugas pemimpin salah satunya adalah mengubah pengikutnya menjadi lebih baik.

Dia juga berpesan agar generasi muda bisa mencintai apa pun yang dilakukan. Dengan demikian, apa pun yang dikerjakan akan semakin mudah dan mendapatkan hasil yang optimal.

“Pesan saya, hidup masa depan kemungkinan akan lebih sulit dengan kemajuan teknologi. Anak muda kalau bisa jangan terus berpikiran jadi pegawai. Jadilah pengusaha. Banyak sekali peluang sepanjang kita serius. Jangan hanya ikutan, hanya hobi tapi tekuni secara nyata,” tutupnya.

Nantikan video lengkap podcast tersebut hanya di YouTube Tugu Malang ID.

Usai syuting podcast tersebut, para penggawa Tugu Media Group foto bersama dengan Dirut Pegadaian Kuswiyoto serta rombongan dan Dr Aqua Dwipayana.

 

 

  • Bagikan