Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Insan Kejari Belawan pada Moto BERANI

Dr Aqua Dwipayana bersama Kepala Kejaksaan Negeri Belawan Nusirwan Sahrul SH MH. (Foto: Dok Aqua Dwipayana)

MEDAN, Tugujatim.id – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menegaskan semua insan Adhyaksa atau Kejaksaan di lingkungan Kejaksaan Negeri (Kejari) Belawan harus senantiasa mengedepankan spirit pelayanan berkualitas kepada masyarakat. Hal ini selaras dengan motto Kejari Belawan yaitu BERANI (BErintegritas, pRofesional, Akuntabel, melayaNI), yakni Mewujudkan insan Adhyaksa yang berintegritas, profesional, akuntabel dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas kepada masyarakat dan pencari keadilan.

Hal tersebut disampaikan Dr Aqua menjelang Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Penegakan Hukum yang Humanis dan Berhati Nurani dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat” di Aula Kantor Kejari Belawan, Kota Medan, Kamis 11 Agustus 2022 mulai pukul 09.00 WIB. Dr Aqua mendapat undangan khusus dari Kepala Kejaksaan Negeri Belawan Nusirwan Sahrul, SH, MH.

Kehadiran pria santun tersebut di Kota Medan, Sumatera Utara, hanya berselang sehari setelah keberadaannya di Kota Bandung, Jawa Barat. Sebelumnya, pada Rabu 10 Agustus 2022, Dr Aqua menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Komunikasi Efektif dan Kepemimpinan Modern di Era Digital” di Hotel Pullman Bandung Grand Central, Jalan Diponegoro Nomor 27, Bandung, Jawa Barat, Rabu 10 Agustus 2022.

Kegiatan yang digelar oleh Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 2 Jawa Barat bersama Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Jawa Barat itu dihadiri sekitar 100 peserta dari kalangan Direksi/Pemimpin Wilayah/Pemimpin Cabang Bank Umum, Industri Keuangan Non Bank (Asuransi, Perusahaan Pembiayaan) dan Pasar Modal.

Acaranya diawali sambutan dari Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono. Dilanjutkan paparan evaluasi kinerja Lembaga Jasa Keuangan yang disampaikan Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 1 OJK Regional 2 Jabar Misran Pasaribu.

Tujuh Perintah Harian

Dr Aqua menegaskan Tujuh Perintah Harian Jaksa Agung adalah sebuah upaya penting yang menjadi haluan bagi seluruh insan Adhyaksa. “Tentu, Perintah Harian ini harus benar-benar diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh. Hal ini menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas kepada seluruh jajaran Keluarga Besar Adhyaksa dimanapun berada. Saya kira, dengan melaksanakan tujuh perintah ini secara totalitas, insya Allah mereka semua di jajaran Adhyaksa dapat memunculkan kinerja dan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Dr Aqua yang memiliki jejaring pertemanan sangat luas tersebut.

Sebagaimana diketahui, Tujuh Perintah Harian Jaksa Agung tersebut adalah:

1. Dukung penuh Kebijakan Pemerintah dalam Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional sesuai ketentuan.
2. Gunakan hati nurani dalam setiap pelaksanaan tugas dan kewenangan.
3. Ciptakan karya-karya yang inovatif dan terintegrasi yang dapat meningkatkan pelayanan publik.
4. Wujudkan Kejaksaan Digital dalam penyelenggaraan manajemen teknologi informasi dan sistem satu data Kejaksaan.
5. Perkuat asas dominus litis dalam setiap pembentukan peraturan perundang-undangan.
6. Segera sinergitaskan peran penuntutan dan penanganan perkara koneksitas pada Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer.
7. Jaga marwah institusi dengan bekerja secara cerdas, integritas, profesional, dan berhati nurani.

Di sisi lain, Dr Aqua juga mengapresiasi prestasi serta program kerja yang telah dan akan dilakukan oleh Kejari Belawan. Pada bidang pembinaan Kejari Belawan bertekad mewujudkan insan Adhyaksa yang berintegritas, berdisiplin dan profesional. Pada bidang Intelijen terus melakukan penyuluhan hukum dan penerangan hukum kepada masyarakat serta program SINAR alias Siswa Bebas dari Narkoba.

Dr Aqua Dwipayana (empat dari kanan) bersama Kepala Kejaksaan Negeri Belawan Nusirwan Sahrul SH MH (paling) kiri Rabu malam (10/08/2022) silaturahim dengan para pejabat di Medan di salah satu resto di kota itu.(Foto: Dok Aqua Dwipayana)

Pada bidang pidana umum, terus berupaya melakukan penanganan perkara pidum yang profesional dengan mengedepankan hati nurani dan penerapan “restoratif justice”. Pada bidang pidana khusus diupayakan penanganan perkara korupsi yang berkualitas. Serta pada bidang perdata dan tata usaha negara, terus melakukan pendampingan hukum dan bantuan hukum kepada instansi pemerintah serta melakukan pelayanan hukum pada masyarakat. Dan pada bidang barang bukti melakukan pogram pelayanan dan antar barang bukti gratis atau LARIS.*

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim