Elon Musk Resmi jadi Orang Terkaya Sedunia, Geser Posisi Jeff Besoz

  • Bagikan
Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX yang menggeser posisi Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia. (Foto: Creative Common)
Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX yang menggeser posisi Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia. (Foto: Creative Common)

AMERIKA SERIKAT, Tugujatim.id – CEO perusahaan mobl listrik Tesla asal Amerika Serikat, Elon Musk, resmi menjadi orang terkaya sedunia, Jumat (8/1/2021) ini. Ia sukses menggeser posisi CEO Amazon, Jeff Bezos dari daftar orang terkaya di dunia lantaran sahamnya meroket tinggi pada Kamis (7/1/2021) pagi waktu setempat.

Berdasarkan data dari daftar Bloomberg Billionaires Index, nilai kekayaan Elon Musk hingga Jumat (8/1/2021) siang diperkirakan kurang lebih sebanyak $ 195 miliar atau sebesar Rp 2.740 triliun (kurs Rp 14.000). Di mana Jeff Bezos tertinggal sekitar $ 10 miliar atau Rp 140 triliun dengan nilai Rp 2.600 triliun.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Baca Juga: 15 Daftar Website Penyedia Vektor Gratis yang Super Keren

Melansir dari Washington Post, kekayaan pria yang juga CEO perusahaan transportasi ruang angkasa SpaceX tersebut lantaran persaingan saham milik Tesla (perusahaan mobil listrik milik Elon Musk) ditutup 8% lebih tinggi pada $ 816 pada hari Kamis, meningkatkan kekayaan bersih CEO-nya menjadi lebih dari $ 186 miliar. Sementara itu, saham Amazon ditutup kurang dari 1% lebih tinggi, mengangkat kekayaan Bezos menjadi sekitar $ 185 miliar.

Lonjakan tersebut membuat Musk meloncat menjadi orang terkaya di dunia. Perkiraan kekayaan sebagian besar didasarkan pada kepemilikan saham Musk dan Bezos di Tesla dan Amazon.

Kekayaan Musk di atas kertas mencerminkan sekitar 20% sahamnya di Tesla dan 48% saham di SpaceX, serta 57 juta opsi saham Tesla. Sedang Kekayaan bersih Bezos sebagian besar berasal dari 11% sahamnya di Amazon.

Dilansir dari Business Insider, kekayaan CEO Tesla telah menggelembung lebih dari $ 150 miliar pada tahun lalu, dan harga saham perusahaan kendaraan listrik itu meroket hingga 740% pada tahun 2020 ini.

Baca Juga: 12 Aplikasi untuk Membuat Hidup Lebih Terorganisir

Kesuksesan Elon Musk bisa dibilang tak hanya sebatas di planet Bumi. Pada bulan Mei, ia juga ikut mengawasi keberhasilan peluncuran dua astronot NASA ke luar angkasa bersama perusahaannya yang lain, SpaceX.

Astronot tersebut kembali dengan selamat dua bulan kemudian. Hal tersebut merupakan pencapaian penting bagi perusahaan yang bertujuan untuk membuktikan bahwa roket dapat dikerahkan dan digunakan kembali, menunjukkan kelangsungan era baru perjalanan luar angkasa dengan tujuan akhir menerbangkan manusia ke Planet Mars.

Sebagai informasi, melansir dari Forbes, Elon Musk meraup pundi-pundi kekayaannya bersama dengan PayPal yang ia dirikan bersama dan mengantongi $ 165 juta dari penjualannya ke pihak eBay. Kemudian ia berinvestasi di Tesla pada tahun 2004, setahun setelah pendiriannya, ia memiliki sekitar 20 persen saham di perusahaan tersebut. Sedangkan pada tahun 2008 hingga sekarang, ia menjabat sebagai CEO di perusahaan tersebut hingga akhirnya menggeser posisi Jeff Bezos. (gg)

  • Bagikan