Gerakan Double Masking Jadi Trendsetter, Apa sih Manfaatnya?

  • Bagikan
Ilustrasi penggunaan double masking. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Ilustrasi penggunaan double masking. (Foto: Pinterest)

MALANG, Tugujatim.id – Kasus Covid-19 akhir-akhir ini sedang meningkat tajam. Lalu apakah yang bisa kita lakukan untuk menghambat laju penyebaran virus ini? Salah satu caranya dengan double masking.

Gerakan double masking ini sedang ramai dibicarakan oleh banyak orang. Double masking secara sederhana adalah kondisi di mana seseorang menggunakan dua masker secara bersamaan dalam satu waktu. Haruskah kita mengikuti gerakan ini? Dan bagaimana langkah-langkahnya?

Ketika menggunakan masker, sering kali kita tidak menyadari bahwa masker itu tidak pas di wajah. Bahkan, Anda bisa merasakan udara keluar masuk melalui sisi masker. Nah, masker yang tidak sempurna ini bisa mengakibatkan droplet virus masuk.

Jadi, penggunaan dua masker ini bisa mencegah hal itu terjadi. Ketika menggunakan dua masker, masker bagian luar akan menekan masker yang ada di lapisan pertama. Karena itu, masker bagian dalam akan lebih pas dan bisa memproteksi diri Anda.

SARS-CoV-2 menyebar melalui udara ketika. Selain itu, bisa menyebar ketika kita berbicara, batuk-bersin, dan lain-lainnya. Dilansir dari laman healthline.com, beberapa lapisan masker membantu meningkatkan daya filtrasi. Banyak lembaga yang merekomendasikan penggunaan masker wajah setidaknya 2-3 lapisan kain.

Karena membahas soal double masking, inilah tips dan tricks dari Tugu Jatim supaya penggunaan dua masker ini menjadi efektif:

1. Gunakan Kombinasi Masker yang Tepat

Lapisi masker kain di atas kain kategori bedah. Hindari kombinasi masker lainnya. Beberapa kombinasi masker mungkin tidak cocok karena akan membuat Anda kesulitan bernapas. Hindari melapisi masker KN95 dengan masker lainnya karena itu akan membuat Anda kesulitan bernapas.

2. Cobalah di Rumah Dulu sebelum Pergi Keluar

– Pas di wajah Anda. Pastikan maskernya benar-benar memproteksi. Jika tidak, maka double masking ini akan sia-sia.
– Pastikan Anda dapat bernapas dengan baik. Meski butuh usaha ekstra untuk bernapas dengan dua masker yang menghalangi, jangan sampai Anda terlalu kesulitan bernapas karena itu akan mengganggu hari-hari Anda.
– Lihat situasinya. Jika sekiranya Anda cukup menjaga jarak dengan orang lain ketika di luar rumah, satu masker sudah bisa memberikan perlindungan yang baik. Double masking akan bermanfaat jika Anda pergi berbelanja, ke rumah sakit, dan menggunakan transportasi umum.

Itulah penjelasan singkat tentang double masking. So, apakah Anda siap untuk melakukan gerakan double masking ini?

  • Bagikan