Harga Pangan di Pasar Sumberrejo Bojonegoro Merosot Jelang Ramadhan, Cabai Rawit Kini Hanya Rp30 Ribu Per Kilo - Tugujatim.id

Harga Pangan di Pasar Sumberrejo Bojonegoro Merosot Jelang Ramadhan, Cabai Rawit Kini Hanya Rp30 Ribu Per Kilo

  • Bagikan
Harga pangan. (Foto: Mila Arinda/ Tugu Jatim)
Yanto, salah satu pedagang komoditas pangan di Pasar Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro pada Kamis (31/03/2022). (Foto: Mila Arinda/ Tugu Jatim)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Beberapa harga pangan di Pasar Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, merosot tajam. Seperti harga cabai rawit yang awalnya mencapai harga Rp60 ribu per kilo, kini turun menjadi Rp30 ribu.

Tidak hanya cabai rawit, harga pangan cabai jenis lainnya juga mengalami penurunan. Seperti cabai keriting yang awalnya naik Rp35 ribu per kilo, kini menjadi Rp20 ribu per kilo. Untuk cabai rawit hijau sebelumnya Rp15 ribu per kilo, kini menjadi Rp8 ribu per kilo.

Hal yang sama juga terjadi pada bawang putih, dari harga Rp24 ribu per kilo, kini dijual Rp21 ribu. Sementara bawang merah yang awalnya Rp30 ribu-Rp35 ribu per kilo, kini menjadi Rp15 ribu-Rp20 ribu.

Penurunan harga pangan ini diungkapkan Yanto, salah satu pedagang di Pasar Sumberrejo. Dia menyebut, penurunan ini sudah terjadi pada pertengahan Maret 2022.

“Harganya (komoditas) sudah turun sejak pertengahan Maret karena petani lokal sudah panen,” ujar pemilik kios di Blok C-12 ini pada Kamis (31/03/2022).

Namun beberapa komoditas lain justru mengalami kenaikan, seperti gula pasir yang awalnya Rp13 ribu per kilo, kini Rp13.500. Kemiri yang awalnya Rp26 ribu per kilo, sekarang jadi Rp33 ribu per kilo.

“Orang-orang mulai masak-masak menghadapi puasa dan Lebaran. Permintaan naik, jadi harga ikut naik. Sedangkan mungkin panenannya berkurang karena musim hujan,” ungkap Yanto.

Untuk bahan yang terbuat dari tepung juga mengalami kenaikan, mie keriting yang awalnya dijual Rp13 ribu, kini menjadi Rp16 ribu. Komoditas minyak goreng kemasan 1 liter, Yanto menjualnya dengan harga Rp 24 ribu.

“Sekarang barangnya (minyak) ada, tapi dulu waktu subsidi itu susah mendapatkan minyak,” katanya.

Untuk itu, Yanto berharap agar harga komoditas pangan kembali stabil dan barang mudah didapatkan.

“Harapannya, kami dari pedagang mudah-mudahan dari semua harga bisa dijangkau masyarakat. Terpenting mudah dicari, harga terjangkau,” ujarnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan