IPOBA, Minuman Boba Pencegah Hipertensi Karya Mahasiswa IPB 

IPOBA, Minuman Boba Pencegah Hipertensi Karya Mahasiswa IPB 

  • Bagikan
Minuman fungsional “IPOBA” pencegah hipertensi karya mahasiswa IPB University/tugu jatim
Minuman fungsional “IPOBA” pencegah hipertensi karya mahasiswa IPB University. (Foto: Dokumen)

BOGOR, Tugujatim.id – Bagi Anda penyuka minuman boba, kali ini ada yang spesial loh yaitu IPOBA. Minuman ini tidak hanya menyegarkan tetapi juga menyehatkan, , terutama bagi penduduk usia produktif yang rentan terkena hipertensi.

Kampus IPB tidak henti-hentinya mendorong mahasiswanya untuk terus berinovasi. Kali ini, tim PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan) IPB berhasil mewujudkan minuman bermanfaat untuk mengurangi hipertensi.

Tim yang terdiri dari Nurjanah, Christy Octaviani Hutapea, Farah Hani Itsna, Nadya Azzahra, dan Safwan Arief Hasibuan tersebut menciptakan produk bernama IPOBA, yaitu senjenis minuman boba. Nama IPOBA diambil dari nama bahan minuman itu sendiri yaitu Ipomea Batatas L yang merupakan nama latin tanaman ubi jalar.

Para mahasiswa yang berada dibawah bimbingan Dr. Nancy Dewi Yuliana tersebut melakukan riset dan hasilnya adalah produk minuman fungsional pencegah hipertensi dari ekstrak daun ubi jalar.

Motivasi pembuatan minuman ini sendiri berdasarkan merebaknya penderita hipertensi. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) tahun 2015, diketahui sekitar 1,13 miliar orang di dunia menyandang hipertensi dan terus meningkat setiap tahunnya.

Nah, produk ini menjadi satu alternatif pencegahan hipertensi. Sementara targetnya adalah menyasar usia produktif yang biasanya suka mengonsumsi makanan tinggi natrium, stres berlebihan, jarang berolahraga, dan gaya hidup tidak sehat lainnya yang dapat memicu hipertensi. Hal ini sejalan dengan tagline IPOBA, Preventing Hypertension with a Tasty Way.

Sebagaimana dijelaskan, IPOBA dibuat dari tanaman ubi jalar sebagai bahan utama minuman. Bagian dari tanaman itu yang digunakan adalah daun dan umbinya. Kedua bagian tersebut menurut riset ilmiah yang dilakukan Jawi dan Yasa (2012)  mampu menurunkan tekanan  darah tikus dalam suatu percobaan. Salah satu faktor yang menyebabkan sifat fungsional ini karena daun ubi  memiliki kandungan kalium yang tinggi dan dapat mencegah hipertensi .

Adapun konsep produk IPOBA adalah jenis minuman boba, tetapi ini berbeda dengan boba yang ada di pasaran yang saat ini sedang hits di kalangan usia produktif. IPOBA memiliki kalori yang lebih rendah dan kandungan serat yang lebih tinggi.

“Tim kami berinisiatif menghadirkan IPOBA sebagai alternatif minuman boba yang lebih sehat untuk mencegah hipertensi dengan cara yang disukai oleh usia produktif. Saat ini IPOBA sudah tersedia di tiga kota, yaitu Bogor, Bekasi, dan Medan. Kedepannya kami berniat untuk menjangkau lebih banyak kota,” tutur Nurjanah, ketua tim.

Terlepas dari kegiatan PKM, Nurjanah berharap produk inovasi “IPOBA” dapat semakin berkembang dan mencapai target pasar baik dalam negeri maupun luar negeri sekaligus dapat mensejahterakan petani  Indonesia.

“Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk IPOBA, dapat mengunjungi laman media sosial IPOBA berupa Instagram, Facebook, dan TikTok dengan username ipoba.corp,” pungkas Nurjanah.

  • Bagikan