News  

Jelang Tahun Baru, Virus Covid-19 di Kabupaten Tuban Nol Kasus

Covid-19. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi pesta kembang api identik dengan Tahun Baru. (Foto: Pixabay)

TUBAN, Tugujatim.id – Menjelang perayaan Tahun Baru 2022, kasus Covid-19 sudah tidak ada alias nol kasus. Hal tersebut berdasarkan peta sebaran Covid-19 di Bumi Wali Tuban ini sejak dua hari terakhir.

Ini prestasi luar biasa yang dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 dan masyarakat Tuban yang telah berusaha menurunkan angka kasus Covid-19 hingga terbukti hari ini (27/12/2021) tidak ada kasus terbaru.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban Bambang Priyo Utomo membenarkan terkait hal itu. Pada Sabtu (25/12/2021) ada satu pasien yang dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi terpusat hampir selama seminggu lebih.

“Alhamdulillah, di Kabupaten Tuban sudah tidak kasus Covid-19,” ucap Bambang pada Senin (27/12/2021).

Covid-19. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Kepala Dinkes Kabupaten Tuban Bambang Priyo Utomo. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

Meski begitu, pihaknya terus berpesan dan mengimbau masyarakat agar selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes). Mengingat sebentar lagi momentum perayaan tahun baru. Dia berharap masyarakat merayakannya di rumah saja.

“Lebih baik di rumah saja. Kami batasi mobilitas bersama-sama. Selama tidak ada hal penting untuk keluar rumah. Alangkah baiknya stay at home,” harapnya.

Sementara itu, beberapa hari yang lalu Kapolres Tuban AKBP Darman usai gelar pasukan operasi Lilin Semeru pada Jumat (24/12/2021) mengatakan akan menerapkan penutupan akses menuju pusat kota dan alun-alun. Tujuannya agar tidak terjadi kerumunan saat perayaan tahun baru.

Covid-19. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Kapolres Tuban AKBP Darman saat ditemui beberapa waktu lalu. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

“Kami sudah sampaikan ke polsek jajaran. Saat pergantian tahun, pusat kota akan kami tutup,” kata mantan Kapolres Sumenep ini.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak melaksanakan euforia pesta perayaan tahun baru, cukup dilakukan di rumah saja.

“Ini sebagai upaya kami untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Tuban,” terangnya.