Kampung Tematik Bandeng Jelak Bakal Jadi Wisata Kuliner Baru di Kota Pasuruan - Tugujatim.id

Kampung Tematik Bandeng Jelak Bakal Jadi Wisata Kuliner Baru di Kota Pasuruan

  • Bagikan
wisata kuliner. (Foto: Humas Pemkot Pasuruan/Tugu Jatim)
Wali Kota Pasuruan Syaifullah Yusuf memperlihatkan bandeng jelak sebagai kuliner baru khas Kota Pasuruan. (Foto: Humas Pemkot Pasuruan)

PASURUAN, Tugujatim.id – Kota Pasuruan bakal punya destinasi wisata kuliner baru yakni Kampung Tematik Bandeng Jelak. Wali Kota Pasuruan Syaifullah Yusuf berupaya menjadikan potensi ikan bandeng jelak sebagai salah satu wisata kuliner bandeng khas Kota Pasuruan.

“Kampung tematik berupa Kampung Bandeng Jelak adalah konkretnya,” ujar Gus Ipul saat dikonfimasi Jumat (25/11/2021).

Gus Ipul, sapaan akrab Wali Kota Pasuruan Syaifullah Yusuf, mengatakan, pemerintah akan berencana membangun kampung tematik di wilayah tambak ikan bandeng di Blandongan, Bugul Kidul, Kota Pasuruan.

“Tidak cuma wisata kuliner bertema bandeng, tapi juga melibatkan peran serta keluarga petambak bandeng, bapaknya yang jaring, ibunya yang ngolah, anaknya nanti yang memasarkan,” ujarnya.

Dia berharap dengan adanya Wisata Kuliner Bandeng Jelak, para petambak ikan bisa tetap melestarikan kuliner khas Kota Pasuruan ini kepada anak cucunya.

“Kebanyakan anak petambak tidak ingin meneruskan usaha orang tuanya. Semoga nanti generasi muda bisa sadar akan potensi daerahnya,” imbuhnya.

Mantan Wakil Gubernur Jatim ini menganggap bahwa keunggulan bandeng jelak Pasuruan adalah rasanya yang tidak bau tanah seperti bandeng dari wilayah lain.

“Ukurannya boleh lebih kecil daripada bandeng Gresik dan Sidoarjo, tapi rasanya jauh lebih gurih dan enak,” ungkapnya.

Ke depannya Gus Ipul juga merencanakan jika potensi bandeng jelak bisa dinikmati oleh seluruh kalangan, baik di rumah makan, restoran, hingga hotel.

“Nanti di samping dibuat festival kuliner, harapannya para pengusaha resto, hotel, dan rumah makan harus punya menu khas bandeng jelak Pasuruan,” ujarnya.

  • Bagikan