Kasus Kebakaran Kota Malang Turun Drastis saat Pandemi - Tugujatim.id

Kasus Kebakaran Kota Malang Turun Drastis saat Pandemi

  • Bagikan
Ilustrasi Kasus kebakaran di TPA Supit Urang Kota Malang

MALANG -Kasus kebakaran di Kota Malang tahun 2020 ini mengalami penurunan drastis. Data UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang, hingga September 2020 hanya tercatat ada 46 kejadian. Berbeda dengan tahun 2019 sebelumnya yang mencapai 81 kejadian.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang, Teguh Budi Wibowo, menurunnya angka kasus ini dimungkinkan karena adanya pandemi virus corona saat ini. Di mana orang lebih banyak di rumah dan menurunya jumlah aktivitas dibanding masa normal.

“Ya, bisa dikatakan begitu. Pandemi bisa dianggap jadi keuntungan karena warga kan selalu ada di rumah. Jadi ketika ada kebakaran kecil, sudah langsung teratasi sehingga tidak membesar,” ungkapnya.

Baca Juga: Inggris Bakal Kembalikan 5.000 Artefak Kuno ke Irak

Selain itu, juga karena pihaknya terus melakukan sosialisasi tentang cara penanggulangan kebakaran pada masyarakat. Bagaimana cara menanggulangi kebakaran sejak dini, sebelum tim Damkar datang.

Menurut dia, kasus kebakaran juga bisa dicegah dari hal-hal kecil seperti tidak membakar sampah di sembarang tempat, hingga rutin mengecek instalasi listrik. Data menunjukkan, penyebab kebakaran di Malang juga rata-rata akibat konsleting listrik.

”Jadi bukan soal penanganan lagi ukurannya. Kami lebih mengutamakan pencegahan dalam hal ini untuk melakukan edukasi,” terangnya. (azm/gg)

  • Bagikan