Kelompok KKM UIN Malang Bersihkan Fasilitas Umum di Desa Ngabab Kabupaten Malang

Kelompok KKM UIN Malang Bersihkan Fasilitas Umum di Desa Ngabab Kabupaten Malang

  • Bagikan
Kerja bakti Kelompok KKM UIN Malang bersama petugas kebersihan di desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.
Kerja bakti Kelompok KKM UIN Malang bersama petugas kebersihan di desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. (Foto: Dokumen)

MALANG, Tugujatim.idKelompok KKM (Kuliah Kerja Mengabdi) Renjana UIN Malang melakukan kerja bakti di sekitar balai desa Ngabab Kecamatan Pujon Kabupaten Malang, Sabtu (31/22/2022).

Kerja bakti dilaksanakan mulai pukul 06.30 sampai pukul 10.30 WIB. Kelompok yang terdiri dari 14 orang tersebut sebelumnya telah berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat. Dari pihak pemdes menyarankan kerja bakti dilaksanakan di sekitar Balai Desa dan fasilitas umum sekitar balai desa.

Karena setiap paginya di depan balai desa sendiri menjadi tempat jual beli warga.  Di situ warga menjual sayur-sayuran, lauk pauk hingga ayam potong, sehingga jalanannya cenderung kotor.

Tidak hanya sendiri, kelompok KKM Renjana juga dibantu oleh petugas kebersihan desa setempat. Dari satu kelompok tersebut dibagi lagi menjadi empat kelompok kecil dengan tugas yang berbeda.

Kelompok pertama menyapu sampah di jalanan, kelompok kedua membersihkan got dari sampah dan dedaunan. Sementara, kelompok ketiga merapikan taman dari rumput liar, kelompok terakhir menghimpun sampah dan dibuang ke pembuangan terakhir.

Kerja bakti ini menjadi salah satu program kerja dari kelompok KKM Renjana yang bertujuan untuk turut serta membantu kegiatan masyarakat setempat.

Yusril, ketua kelompok KKM Renjana, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Aksi yang kami lakukan ini merupakan implementasi dari salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Harapan kami setelah adanya kerja bakti ini bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat setempat, juga memberikan pemahaman terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.

  • Bagikan