KKN IAI Al-Qolam Malang Buka Bimbingan Belajar Gratis di Desa Sidodadi

iai al-qolam tugu jatim
Suasana bimbingan belajar gratis di Desa Sidodadi. Foto: Dzurotun Nasihin/Tugu Jatim

MALANG, Tugujatim.id – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wujud nyata dari tugas dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni aspek pengabdian. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, maka terjadi sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat sebagai wujud knowledge demokrasi.

Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat setempat tentang pentingnya pendidikan guna membantu pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa.

Maka dari itu, mahasiswa KKN IAI Al-Qolam menggelar kegiatan belajar bersama secara gratis dengan anak-anak di Desa Sidodadi, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Mulai dari tingkatan TK, SD sampai SMP mengikuti bimbingan ini.

Kegiatan bimbingan belajar gratis ini dibuka mulai dari hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 15.00 sampai 16.00 WIB. Mahasiswa KKN mengajarkan matematika sampai ilmu pengetahuan sosial.

“Yang dilakukan mahasiswa KKN IAI Al-Qolam merupakan kegiatan yang amat dibutuhkan. Pasalnya, di Desa Sidodadi, banyak dari masyarakatnya sibuk bekerja sampai melupakan kegiatan belajar terhadap anaknya,” jelas pengajar bimbingan gratis, Siti Arofah, pada Minggu (13/11/2022).

Kata dia, mahasiswa KKN IAI Al-Qolam prihatin karena banyak dari anak anak tersebut sulit menghitung dan lain sebagainya. “Maka dari itu menimbulkan semangat tersendiri di kalangan mahasiswa KKN IAI Al-Qolam Malang dalam mencerdaskan anak-anak Sidodadi,” ujarnya.

“Pada dasarnya mereka mempunyai daya belajar yang sangat besar, tapi faktor lingkungan yang mereka hadapi berbalik dengan semangat juang mereka belajar, maka diharapkan bagi setiap universitas atau institut atau perguruan tinggi setiap tahunnya diadakan KKN di desa terpencil, gunanya untuk mencerdaskan anak-anak didik di daerah terpencil supaya tidak kalah dengan yang ada di kota,” pungkasnya.