Kota Malang Datangkan 29 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 untuk Lansia - Tugujatim.id

Kota Malang Datangkan 29 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 untuk Lansia

  • Bagikan
Ilustrasi pelaksanaan vaksinasi tahap kedua kepada guru dan jurnalis di Kota Malang. (Foto: Ben/Tugu Jatim)
Ilustrasi pelaksanaan vaksinasi tahap kedua kepada guru dan jurnalis di Kota Malang. (Foto: Ben/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Vaksinasi Covid-19 dengan sasaran orang lanjut usia (lansia) akan digelar bertepatan dengan HUT Kota Malang ke-107 pada 1 April 2021. Total sebanyak 29 ribu dosis vaksin jenis Sinovac juga telah didatangkan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan telah menerima sebanyak 2900 vial vaksin yang terbagi menjadi 29 ribu dosis. Stok vaksin sebelumnya diketahui sudah habis.

”Iya, kita sudah dapat 2900 botol yang per botolnya itu isi 10. Jadi kalau ditotal ada 29 ribu dosis yang nanti akan digunakan sebanyak 2 kalo suntikan,” kata Husnul pada awak media, Selasa (23/3/2021).

Nantinya, lanjut dia, puluhan ribu dosis itu nanti akan menyasar terhadap 14.500 lansia dari total lansia di Kota Malang sebanyak 75 ribu penduduk.

”Sementara untuk saat ini hanya 14.500 vial. Untuk jenis vaksin tefal sinovac. Teknisnya nanti sama dengan sebelumnya bertahap atau 2 kali vaksin,” jelasnya.

Jumlah vaksin yang datang itu tegas Husnul memang hanya untuk lansia. Untuk selanjutnya, vaksin akan kembali didatangkan dan berlanjut vaksin untuk petugas pelayanan publik yang lain. Nanti juga akan menyasar para pedagang, orang perhotelan hingga atlet.

Seperti diketahui, proses vaksin tahap kedua ini juga nanti akan dilanjutkan menyasar kaum lansia. Untuk kaum lansia, pelayanan vaksin akan dibuat dengan sistem drive thru seperti di Jakarta.

Pelaksanaanya akan bekerjasama dengan platform aplikasi Halodoc agar efektif dan tidak sampai menimbulkan kerumunan. Lokasinya sudah ditentukan yakni di Sepanjang Jalan Sultan Agung dan dilakukan tepat pada momen HUT Kota Malang pada 1 April 2021 nanti.

”Nanti mungkin hari pertama itu cukup untuk 500 lansia saja. Atau setidaknya diteruskan untuk 1-2 hari. Selebihnya di hari berikutnya sisanya disebar di sejumlah fasyankes lain. (azm/gg)

  • Bagikan