Lepas 706 Atlet ke Ajang Fornas Palembang, Gubernur Jatim Minta Perkenalkan Keragaman Bumi Majapahit

Lepas 706 Atlet ke Ajang Fornas Palembang, Gubernur Jatim Minta Perkenalkan Keragaman Bumi Majapahit

  • Bagikan
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, berfoto bersama dengan atlet yang akan dilepas ke ajang Fornas di Palembang.
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, berfoto bersama dengan atlet yang akan dilepas ke ajang Fornas di Palembang. (Foto: Dokumen/Kominfo Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Sebanyak 706 atlet kontingen Jawa Timur di ajang Fornas Palembang dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (28/6/2022).

Khofifah berpesan pada para atlet untuk bisa memperkenalkan Jawa Timur sebagai Bumi Majapahit yang penuh dengan keberagaman dalam satu kesatuan Bhineka Tunggal Ika. Ini seperti yang terdapat dalam buku Soetasoma karangan Mpu Tantular.

“Bumi Majapahit penuh dengan keberagaman budaya, kearifan lokal dan juga berbagai jenis olahraga yang berkembang pesat di masyarakat daerah,” ujarnya memberikan sambutan ketika melepas kontingen Fornas Jatim.

Dia berharap agar kontingen Jatim bisa meraih kemenangan dalam perhelatan Fornas yang diadakan di Sumatera Selatan tersebut.

“Tentu kami berharap Jatim bisa datang dan menang, semoga diijabah Tuhan,” harapnya.

Selanjutnya, Khofifah juga berdoa dan memberikan ucapan kepada seluruh atlet dan Official Kontingan Jatim agar selalu menjaga kesehatan, keselamatan dan persaudaraan.

“Selamat bertanding, bersanding dan bahagia, semoga kita semua diberi kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua KORMI Jawa Timur, Hudiyono, mengatakan olahraga yang dipertandingkan dalam Fornas berbasis massa, sehat, bugar dan gembira, serta menjadi garda terdepan di desa.

Dikatakan, dalam mengembangkan olahraga masyarakat, KORMI selalu menjalin komunikasi dengan berbagai induk olahraga di masyarakat dan Forkopimda.

Dari komunikasi tersebut dari tahun ke tahun jumlah induk olahraga masyarakat mengalami peningkatan. Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI akan digelar di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, pada 1-7 Juli 2022.

Olahraga induk yang dipertandingkan di antaranya adalah Indonesia e-SportAssociation (IESPA), Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Senam Tera Indonesia (STI), Indonesia Offroad Federation (IOF), Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina), Perkumpulan Sepakbola Gaya Bebas Indonesia (IF3), dan Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi).

Sementara itu, untuk olahraga ekshibisi, di antaranya Pengurus Pencak Silat Nasional Perisai Putih (PSNPP), Perguruan Olahraga Tenaga Dalam Cakra Mukti (Porteda), Federasi Orientering Indonesia (FONI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, skateboard, dan sepeda BMX.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan