Libur Panjang, Bandara Malang Alami Lonjakan Penumpang yang Signifikan - Tugujatim.id

Libur Panjang, Bandara Malang Alami Lonjakan Penumpang yang Signifikan

  • Bagikan
Pemeriksaan suhu tubuh di bandara Malang, Abd Saleh. (Foto: BEN) lonjakan penumpang
Pemeriksaan suhu tubuh di bandara Malang, Abd Saleh. (Foto: BEN)

Malang – Momen libur panjang dan cuti bersama pada akhir bulan Oktober 2020 membuat jumlah penumpang pesawat udara di Bandara Abdulrachman Saleh, Malang mengalami lonjakan signifikan.

Menurut Kepala UPT Bandara Abd Rachman Saleh Malang, Suharno, pertambahan jadwal penerbangan (flight) di hari pertama libur panjang sebanyak 6 flight. Jika sebelumnya, hanya ada 2-3 flight saja.

”Yang jelas ada peningkatan frekuensi penerbangan pada Rabu kemarin (28/10/2020). Jika biasanya hanya 2-3 flight, kemarin sudah ada 6 flight. Data pastinya kami belum ada laporan dari masing-masing maskapai,” ungkapnya, pada Kamis (29/10/2020).

Baca Juga: Spoiler One Piece 994, Kaido Tuntaskan Pertempuran dengan Red Scabbards

Dari sekian jadwal penerbangan yang menjadikan adanya lonjakan penumpang itu, maskapai penerbangan yang beroperasi yakni Batik Airlines, Citylink, dan Garuda Indonesia, yang rata-rata merupakan kedatangan dari Jakarta.

“Jumlahnya sendiri fluktuatif karena memang ada pembatasan penumpang 70 persen agar bisa melakukan syarat physical distancing. Kurang lebih segitu kalau untuk jumlah,” ujarnya.

Lebih jauh, pihaknya juga menerapkan prosedur protokol kesehatan secara ketat mencegah agar tidak terjadi transmisi penularan virus corona dari bandara. Mulai dari cek suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun dan thermal scanner, hingga fasilitas 3M mulai dari cuci tangan, jaga jarak dan memakai masker.

Baca Juga: Lowongan Kerja Jurnalis Tugu Jatim: Surabaya, Tuban-Bojonegoro, Pasuruan

“Tiap maskapai juga sudah memberlakukan wajib rapid test atau surat keterangan sehat terhadap calon penumpangnya masing-masing. Protokol akan kita ketati karena prediksi lonjakan masih akan terjadi hingga Minggu mendatang,” tambahnya. (azm/zya/gg)

  • Bagikan