Mahasiswa Baru Wajib Baca! 6 Rahasia Menangkan Dunia Perkuliahan

Mahasiswa Baru Wajib Baca! 6 Rahasia Menangkan Dunia Perkuliahan

  • Bagikan
Meneropong masa depan dan menetapkan tujuan adalah satu tips sukses dalam dunia perkuliahan/tugu jatim
Meneropong masa depan dan menetapkan tujuan adalah satu tips sukses dalam dunia perkuliahan. (Foto: Andrea Piacquadio dari Pexels)

Tugujatim.id – Setiap mahasiswa tentu memiliki cita-cita meraih kesuksesan di dunia perkuliahan. Semuanya berlomba untuk unggul dan mencapai prestasi terbaik selama perjalanan kuliahnya.

Namun, ketika sudah disibukkan dengan aktivitas kuliah yang padat, banyak mahasiswa yang akhirnya menyerah. Mereka tidak bisa fokus dengan tujuan awal menempuh pendidikan tinggi.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ada kiat-kiat memperoleh kesuksesan saat kuliah. Hal ini sebagaimana dilansir oleh Wales247.

1. Tetapkan Prioritas Dengan Benar

Di tengah padatnya aktivitas kuliah, memang sangat sulit memilih pekerjaan apa yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Akan tetapi, jika kita terbiasa dengan menentukan prioritas dengan tepat, segalanya akan terasa lebih mudah.

Menentukan prioritas ini menjadi sangat penting untuk menentukan pekerjaan apa yang sifatnya perlu diutamakan dan pekerjaan apa yang harus dilakukan setelahnya.

Jika seorang mahasiswa aktif dalam organisasi dan komunitas, hendaknya belajar dan menyelesaikan urusan akademik adalah prioritasnya. Bukan berarti kegiatan organisasi dan komunitas tidak perlu. Namun, kegiatan tersebut bisa diselesaikan setelah menyelesaikan urusan akademik.

Menjadi mahasiswa, memperluas relasi demi membantu karir setelah lulus memang penting, akan tetapi tujuan utama menempuh pendidikan tinggi adalah belajar.

2. Kelola Waktu Dengan Baik

Mengelola waktu dengan baik adalah skill utama memperoleh kesuksesan di dunia perkuliahan. Belajarlah untuk mengelola waktu dengan hal yang sederhana seperti mengelola waktu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah terlebih dahulu.

Dengan begitu, kita akan terbiasa dan mulai memiliki kemampuan mengelola waktu dengan lebih handal. Biasakan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan waktu yang terukur dan terjadwal sesuai dengan prioritas.

Hal ini agar kita memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakan pekerjaan lainnya  serta waktu untuk beristirahat.

3. Berorientasi ke Masa Depan

Sebelum memasuki dunia perkuliahan, mahasiswa pastinya sudah mengincar prospek karir dari program studi yang dipilihnya. Hal itu adalah satu langkah awal yang bagus untuk menuju kesuksesan setelah lulus.

Ketika mulai kuliah hendaknya mahasiswa langsung menentukan fokus karir yang akan digeluti setelah lulus. Selanjutnya, ikuti kegiatan yang dapat menunjang skill untuk mendapatkan karir impiannya.

Tidak hanya itu, dapatkan juga ilmu dari pelatihan dan magang yang sesuai dengan karir yang akan ingin dicapai setelah lulus. Jangan lupa pelajari juga bagaimana pasar kerja dan resiko yang harus dihadapi untuk karir tersebut.

4. Tetapkan Tujuan S.M.A.R.T

S.M.A.R.T merupakan singkatan dari specific (spesifik), measurable (terukur), attainable (dapat dicapai), realistic (realisik), dan time-bound (berbatas waktu).

Mahasiswa harus menerapkan prinsip S.M.A.R.T ini dalam menentukan tujuannya agar tepat. Tujuan yang dipilih tanpa dasar dan prinsip apapun terkadang menemui kesulitan di tengah perjalanan sehingga mahasiswa menyerah pada tujuannya sendiri.

5. Pilih Teman Dengan Bijak

Lingkungan sosial dalam dunia perkuliahan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesuksesan mahasiswa. Karena itu, mahasiswa perlu selektif dan bijak dalam hal memilih teman.

Lingkup pertemanan yang positif akan cenderung memberikan pengaruh yang positif pada kebiasaan dan pola pikir sehingga dapat mendorong mahasiswa untuk bekerja keras demi kesuksesannya. Sebaliknya, lingkungan yang negative akan membuyarkan semuanya.

6. Belajar dari Kesalahan

Jangan pernah takut untuk salah. Membuat kesalahan adalah hal yang tidak bisa dihindari. Akan tetapi, sudut pandang positif dalam menilai kesalahan dalam dunia perkuliahan akan membantu kita menjadi mahasiswa yang lebih baik lagi.

Untuk itu, selalu belajar dari kesalahan yang pernah terjadi dan jangan menyerah.

  • Bagikan