Mahasiswa KKN-T IPB University Mengabdi di Tegal meski Pandemi Covid-19 - Tugujatim.id

Mahasiswa KKN-T IPB University Mengabdi di Tegal meski Pandemi Covid-19

  • Bagikan
Acara serah terima mahasiswa KKN-T IPB University resmi dilakukan pada Selasa (13/07/2021) secara daring. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Acara serah terima mahasiswa KKN-T IPB University resmi dilakukan pada Selasa (13/07/2021) secara daring. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Meski pandemi Covid-19 masih melanda, tapi berbagai kegiatan harus tetap dilakukan. Salah satunya program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB University yang resmi dibuka pada Senin lalu (28/06/2021). Kepala LPPM IPB Dr Ir Ernan Rustiadi MAgr pun membuka acara ini untuk 198 kabupaten dan kota yang berada di Indonesia maupun di luar negeri.

Untuk pelaksanaan KKN-T kali ini, 9 mahasiswa akan mengabdi di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, pada Juli-Agustus 2021. Untuk diketahui, serah terima mahasiswa pun telah resmi dilakukan pada Selasa (13/07/2021). Kegiatan serah terima mahasiswa KKN-T di Kapubaten Tegal dilaksanakan secara daring melalui Zoom. Hadir secara langsung dalam acara itu yaitu Suryo Wiyono selaku perwakilan pihak IPB, Darmanto Bisma selaku perwakilan Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal, dinas pertanian, dinas kesehatan, serta 9 mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan KKN-T IPB Tahun 2020.

KKN-T mahasiswa IPB University akan mengabdi di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, pada Juli-Agustus 2021. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
KKN-T mahasiswa IPB University akan mengabdi di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, pada Juli-Agustus 2021. (Foto: Dokumen)

Perwakilan Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal menyambut baik mahasiswa IPB yang akan melaksanakan KKN-T, khususnya di Desa Tuwel, Kabupaten Tegal. Dalam sambutannya, pihak Kabupaten Tegal yang diwakili Darmanto Bisma menyampaikan terima kasihnya kepada IPB yang memercayakan mahasiswanya untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat melalui KKN-T di Kabupaten Tegal.

Darmanto berharap, kegiatan KKN-T tahun ini dapat berjalan secara luring setelah PPKM Darurat selesai diberlakukan pada 20 Juli 2021. Sehingga nantinya mahasiswa dapat terjun langsung untuk melaksanakan program pengabdian dan memberikan berbagai inovasi terbaru bagi masyarakat.

“Saya mengucapkan selamat datang dan sangat mengapresiasi atas pelaksanakan KKN yang akan dilakukan di Kapubaten Tegal. Saat ini Pemda Tegal sedang menyusun beberapa inovasi sehingga diharapkan dengan adanya program KKN ini adanya kerja sama antara pemda dan tim KKN untuk mengembangkan program inovasi daerah,” ucap Darmanto dalam sambutannya.

Darmanto Bisma selaku perwakilan Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal menerima mahasiswa IPB University secara daring pada Selasa (13/07/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Darmanto Bisma selaku perwakilan Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal menerima mahasiswa IPB University secara daring pada Selasa (13/07/2021). (Foto: Dokumen)

KKN-T IPB Kabupaten Tegal tahun ini pun mengusung tema “Penguatan Klinik Pertanian sebagai Farmer Learning Center dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Optimalisasi Sumber Daya Lokal di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal”. Dalam tema tersebut, 9 mahasiswa IPB membawa 6 program yang saling terkait dengan tema yang telah ditawarkan. Salah satunya yaitu program penguatan merdeka sampah.

Selain itu, program KKN-T di Kabupaten Tegal kali ini juga dipelopori atas hasil diskusi rektor IPB bersama pihak Bank Indonesia (BI) yang membahas terkait penguatan bawang putih di Desa Tuwel, di mana dulunya Tuwel pernah menjadi salah satu sentra penghasil bawang putih terbesar di Indonesia.

Sebagaimana kita telah ketahui bahwa pemuda merupakan harapan bangsa dalam membawa perubahan dan kesejahteraan ke depannya. Dengan adanya kegiatan KKN-T yang dilaksanakan seluruh mahasiswa di Indonesia, harapannya mereka dapat memberikan berbagai inovasi dan solusi atas berbagai permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat, khususnya di tengah pandemi Covid-19 ini.

  • Bagikan