Manfaat Menulis Jurnal Pribadi agar Resolusi Tahun 2021 Berjalan Lebih Baik

  • Bagikan
Ilustrasi Resolusi Tahun 2021 dengan menulis jurnal pribadi
Ilustrasi Resolusi Tahun 2021. (Foto: Getty Images)

Setelah melewati hari-hari yang penuh ketidakpastian di tahun 2020, memasukkan journaling atau menulis jurnal pribadi ke dalam daftar resolusi 2021 bisa menjadi opsi terbaik. Aktivitas journaling akan membantumu untuk merekam jejak pribadimu dan membuatnya lebih terkontrol.

Hal yang menyenangkan dari journaling adalah esensi memori yang tersimpan didalamnya. Harimu mungkin terasa berat tapi dengan menuangkannya ke dalam kertas atau media lain bisa membuat pikiranmu lebih tenang. Sejumlah penelitian hal ini akan mengurangi stress dan rasa khawatir berlebihan.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Berikut 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mencoba journaling:

1. Membantu untuk Lebih Mengenal Nilai, Emosi, dan Tujuan Hidup

pin note, catatan dan jurnal pribadi
Catatan melalui jurnal pribadi bisa membuat manajemen diri lebih baik. (Foto: Unsplash)

Baca Juga: Akses Jembatan Glendeng Masih Putus, Pengusaha Keluhkan Biaya Operasional

Saat menulis jurnal kamu bisa menuangkan apa saja isi hati dan kepalamu. Kamu bisa menuliskan apa yang kamu percaya, mengapa kamu mempercayai itu, apa tujuanmu, dan bagaimana perasaanmu akan membantumu untuk lebih dekat dan mengenal dirimu sendiri. Hal ini disebabkan saat kita menulis jurnal kita bersikap apa adanya tanpa takut salah terhadap apapun itu. Layaknya seorang teman, catatan jurnal akan membantumu untuk lebih dekat dengan siapa dirimu yang sebenarnya.

2. Meningkatkan Fokus dan Kondisi Mental

Menulis jurnal seperti membagi dan mentransfer beban pikiranmu ke sebuah media lain entah apapun itu formatnya. Ketika kamu memiliki sebuah masalah dan menuliskannya ke dalam jurnal, kamu memindahkan masalah tersebut dari kepada ke kertas atau media lain. Hal ini akan sedikit mengosongkan pikiranmu dari masalah tersebut karena jurnal akan membantumu untuk menyusun penyelesaian masalah.

Katakan saja kamu memiliki banyak tugas yang datang bersamaan. Pikiranmu mulai merasa penat dan sulit untuk menentukan mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Namun dengan menulisnya ke dalam jurnal, satu persatu akan terlihat lebih jelas dan kamu bisa menyelesaikannya sesuai prioritas yang kamu susun.

3. Menulis Jurnal Pribadi Bisa Meningkatkan Perspektif dan Pemahaman

Dengan meningkatnya kondisi fokus dan mentalmu, kamu menjadi lebih terbuka untuk melihat perspektif lain yang mungkin terlewat sebelumnya. Saat menulis jurnal, secara tidak langsung kamu juga berdialog dengan dirimu sendiri. Proses ini seolah kamu bekerja dengan dua orang dalam melihat sesuatu untuk mencapai solusi yang lebih baik.

Baca Juga: Stadion Gelora Bung Tomo Siap Sambut Piala Dunia U-20, Renovasi Rampung Desember

4. Merekam Perkembangan Diri

Hidup berjalan begitu cepat apalagi di tahun 2020 yang sudah tiba di penghujung bulan Desember. Terkadang kita terlalu sibuk sampai tidak memperhatikan kondisi sekitar. Kita tidak menikmati proses yang terjadi karena terlalu fokus pada selesainya tugas yang dibebankan padamu. Namun dengan menulis jurnal pribadi kamu bisa melihat apa saja yang sudah kamu lakukan.

Selayaknya memori yang bisa kamu baca ulang, jurnal akan membantumu untuk melihat bagaimana perkembangan yang terjadi pada dirimu. Melalui hal ini kamu bisa belajar hal-hal yang bisa kamu kembangkan dan perbaiki.

5. Jurnal Pribadi sebagai Media Pengembangan Diri

Membaca ulang jurnal akan terasa seperti membaca cerita dari orang lain. Akan ada masa dimana kamu akan berkomentar, “Aku harunya tidak melakukan ini,” atau “Seharusnya aku mengambil keputusan ini,”. Hal-hal semacam inilah yang membuat jurnal menjadi teman belajar untuk kembali merefleksikan dirimu.

Baca Juga: Semeru Meletus, Diduga Ada 1 Pekerja Tambang Pasir Jadi Korban

Ada banyak manfaat lain yang bisa kamu peroleh dari menulis jurnal. Dari ulasan ini ada satu kutipan menarik dari Ryder Carroll untuk kamu yang sudah ataupun masih akan memulai journaling.

“Keep it simple, keep it honest, and keep it yours,”

 

Penulis: Andita Eka W
Referensi:
lifehack.org & today.com

  • Bagikan