Stadion Gelora Bung Tomo Siap Sambut Piala Dunia U-20, Renovasi Rampung Desember

  • Bagikan
Stadion Gelora Bung Tomo yang tengah direnovasi jelang Piala Dunia U-20 tahun 2021
Stadion Gelora Bung Tomo yang tengah direnovasi jelang Piala Dunia U-20 tahun 2021. (Foto: Rangga Aji/Tugu Jatim)

SURABAYA – Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) boleh sepi penonton karena libur liga, tapi tidak dengan aktifitas di dalamnya. Sejumlah pekerja terlihat sedang sibuk-sibuknya melakukan renovasi stadion, Jumat (27/11). Stadion kebanggan warga Surabaya itu sedang melakukan persiapan menyambut Piala Dunia U-20 2021.

GBT saat ini disiapkan menjadi salah satu home base partai grup FIFA World Cup U-20 2021. Mulai dari pengecatan, perawatan rumput hingga penambahan kursi penonton, sudah mulai dirampungkan. Sejak akhir tahun lalu, proses renovasi sudah dilaksanakan. GBT juga tidak difungsikan setelah adanya penundaan resmi Liga 1 dan Liga 2 karena adanya penyebaran wabah corona yang masuk ke Indonesia.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang
Beberapa pekerja tampak sibuk memelihara kesehatan rumput Stadion GBT, Surabaya.
Beberapa pekerja tampak sibuk memelihara kesehatan rumput Stadion GBT, Surabaya. (Foto: Rangga Aji/Tugu Jatim)

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, 500 Warga Terpaksa Mengungsi

Ketua PSSI Jawa Timur Ahmad Riyadh UB saat dikonfirmasi tugujatim.id menyatakan, PT Liga Indonesia Baru (LIB) saat ini memang belum mendapatkan izin dari Polri untuk melaksanakan agenda pertandingan liga. Namun soal GBT, stadion tersebut menurutnya memang disiapkan untuk piala dunia tahun depan.

“Kami berharap PT LIB bisa merumuskan format kompetisi dan jadwal pertandingan sehigga tidak mengganggu atau bertabrakan dengan agenda piala dunia U-20,” kata Riyadh.

Sementara GBT menurutnya direnovasi untuk memenuhi standar dari FIFA. Maka venue piala dunia U-20 yang rencananya diselenggarakan Mei 2021, tidak bisa dipakai menjadi home base klub sepak bola di daerah. Ada verifikasi berkala kata Riyadh, yang dilakukan FIFA hingga pelaksanaan piala dunia U-20 dilangsungkan.

“Renovasi hingga saat ini masih dilakukan, di dalam stadion sudah hampir rampung. Pemasangan single seat, rumput dan pencahayaan. Tinggal akses luar stadion yang dikebut pengerjaannya,” tandasnya.

Begitu juga Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya Edi Santoso menjelaskan, perbaikan Gelora Bung Tomo sudah dimulai sejak 5 September 2019 lalu. Hingga saat ini, sejumlah item perbaikan mencapai kisaran 95 persen. Renovasi menurutnya diperkirakan bisa rampung 20 Desember 2020 ini.

Tampak muka Stadion GBT Surabaya yang tengah direnovasi. (Foto: Rangga Aji/Tugu Jatim)
Tampak muka Stadion GBT Surabaya yang tengah direnovasi. (Foto: Rangga Aji/Tugu Jatim)

Baca Juga: Dua Desa di Lumajang Bertahan di Pengungsian Pasca-Erupsi Gunung Semeru

“Kami fokus melihat agenda FIFA tahun 2021 di Surabaya,” tuturnya.

Edi menyebut volume tempat penonton GBT saat ini sudah mencapai 2.400, atau naik dua kali lipat dari sebelumnya. Semua yang menjadi syarat FIFA kata Edi, sudah dipenuhi. Seperti salah satunya, stadion harus memiliki 4 kamar atau ruang ganti.
“
“Surabaya akan berusaha yang terbaik untuk renovasi stadion dan persiapan piala dunia,” pungkasnya. (Rangga Aji/jaf)

  • Bagikan