Manfaat Puasa di Bulan Ramadhan untuk Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
Ilustrasi ibadah puasa di bulan Ramadhan. (Foto: Pexels) manfaat puasa untuk kesehatan
Ilustrasi ibadah puasa di bulan Ramadhan. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Puasa merupakan kewajiban bagi umat muslim saat bulan Ramadhan tiba. Di bulan suci ini, akan dilipatgandakan pahala jika seseorang mengerjakan kebaikan.

Selain banyak pahala yang diperoleh, ternyata menahan lapar juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia. Orang yang menjalankan puasa disebut lebih mampu dalam mengatasi stres dan depresi. itu merupakan dampak dari “belajar mengendalikan diri” selama berpuasa.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Ingin tahu apasaja manfaatnya? Yuk simak penjelasan di bawah ini

1. Meningkatkan fungsi otak

Neurotropik yang diturunkan dari otak mengalami peningkatan. Dengan begitu, tubuh akan memproduksi sel otak lebih banyak dari biasanya, sehingga kinerja otak juga akan semakin meningkat.

Selain itu, orang yang berpuasa juga akan mengalami penurunan tingkat stres karena berkurangnya hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal.

2. Membantu Memperbaiki Kondisi Medis

Saat berpuasa, bila diiringi dengan pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya, dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Puasa juga disebut bisa membantu menurunkan risiko penyakit kanker. Itu terjadi karena selama puasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang. Kondisi tersebut dibarengi dengan menurunnya pertumbuhan sel akibat terbatasnya asupan. Namun, ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Menjaga Berat Badan

Pembakaran lemak menjadi energi membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Penurunan berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah.

Berat badan memang akan turun jika kamu tidak makan dan tidak mendapat asupan kalori selama berpuasa.

5.Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan berpuasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat

6. Mengontrol Zat Gula

Puasa dipercaya dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi penderita diabetes. Selain itu, pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat seseorang berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin.

Penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga tubuh dapat mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel dengan lebih efisien.

Tak hanya itu, puasa juga dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil lantaran mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

  • Bagikan