Modus Tukarkan Uang Pecahan, Viral 3 Bule Tepergok Mencuri di Pasar Besar Kota Pasuruan - Tugujatim.id

Modus Tukarkan Uang Pecahan, Viral 3 Bule Tepergok Mencuri di Pasar Besar Kota Pasuruan

  • Bagikan
Bule tepergok mencuri. (Foto: tangkapan layar video warga/Tugu Jatim)
Tiga bule terlibat cekcok setelah ketahuan mencuri uang pedagang buah di Pasar Besar Kota Pasuruan, Rabu (30/03/2022). (Foto: tangkapan layar video warga)

PASURUAN, Tugujatim.id – Viral video tiga bule tepergok mencuri uang pedagang Pasar Besar Kota Pasuruan pada Rabu (30/03/2022). Diduga korban aksi pencurian yang dilakukan bule itu lebih dari satu pedagang buah, tepatnya di depan Stasiun Kota Pasuruan.

Menurut seorang pedagang buah bernama Siti Fatimah, 33, aksi bule tepergok mencuri uang itu terjadi pada Rabu (30/03/2022). Dia membeberkan modus pencurian yang dilakukan tiga bule itu adalah dengan berpura-pura jadi pembeli. Alih-alih membeli dagangan, bule itu malah minta untuk menukarkan uang.

“Mereka mau nukar uang Rp100 ribu, jadi Rp50 ribuan,” ujar Fatimah saat ditemui Kamis (31/03/2022).

Fatimah melanjutkan, dia saat itu sibuk mencari uang pecahan, tapi bule yang perempuan justru terus menanyakan harga-harga buah. Dia baru sadar ada uangnya yang hilang setelah menyerahkan uang pecahan Rp100 ribu kepada tiga bule tersebut.

“Pas sudah nyerahkan uang ke mereka, uang saya yang di tas malah hilang sekitar Rp1 juta,” imbuhnya saat menjelaskan kronologi aksi bule tepergok mencuri itu.

Tak puas beraksi di satu lapak, tiga bule itu lalu bergeser ke lapak pedagang buah milik Siti Salamah, 40, yang berada di sampingnya. Modusnya pun sama, bule pria yang berpura-pura mau menukarkan uang, sementara bule perempuan sibuk mengalihkan perhatian dengan bertanya harga buah.

“Ngomongnya mau nukar uang,” ujar Salamah.

Beruntung sebelum tiga bule itu pergi, seorang sales memberitahukan bahwa uang milik Salamah ada yang hilang.

“Sales saya bilang kalau uang saya hilang, ada sekitar Rp250 ribuan,” imbuhnya.

Karena curiga, Salamah langsung mencegat tiga bule itu dan meminta uangnya dikembalikan. Sempat terjadi keributan dan adu mulut karena 3 bule itu awalnya tidak mau mengaku atas perbuatannya.

“Sempat mau saya pentung (pukul) pake panci orangnya. Tapi, akhirnya uang saya dikembalikan,” ujarnya.

Meski sudah mengembalikan uang yang dicuri dari Salamah, tapi uang milik pedagang buah pertama tetap hilang karena dia tidak sadar sudah menjadi korban pencurian.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan