Monohero Rilis MV Anyar "Desember Jangan Menangis" yang Memadukan Konsep Realis-Animasi - Tugujatim.id

Monohero Rilis MV Anyar “Desember Jangan Menangis” yang Memadukan Konsep Realis-Animasi

  • Bagikan
MV Monohero bertajuk "Desember Jangan Menangis" diluncurkan secara private premiere di Movimax, Dinoyo. (Foto: Dok Monohero/Tugu Jatim)
MV Monohero bertajuk "Desember Jangan Menangis" diluncurkan secara private premiere di Movimax, Dinoyo. (Foto: Dok Monohero/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Trio unit audiovisual Malang, Monohero, kembali merilis music video (MV) anyar. Judulnya “Desember Jangan Menangis”. Konsepnya pun anyar dengan memadukan konsep realis dan animasi hasil besutan tangan dingin Jovian Fraajie, videografer asal Malang.

Diketahui, Jovian Fraajie juga pernah terlibat dalam penggarapan video dengan beberapa musisi besar, seperti Tuan Tiga Belas, Sore, hingga Slank. MV ini diluncurkan secara private premiere di Movimax Dinoyo Kota Malang, Kamis (08/04/2021).

Aransemen musik atmosferik dan psidelik yang menjadi ciri khas musik Monohero tampak selaras dengan jalinan cuplikan art video yang disajikan. Menurut Jovian, album Awake adalah album yang konseptual.

“Setiap lagu di dalam album ini saling berurutan dan menjalin sebuah kisah. Nah, di lagu Desember Jangan Menangis inilah puncak emosinya. Dan saya tertarik untuk bikin MV-nya karena juga jadi lagu favorit saya,” terang Jovian.

Animasi dalam MV Monohero. (Foto: Dok Monohero/Tugu Jatim)
Animasi dalam MV Monohero. (Foto: Dok Monohero/Tugu Jatim)

Dalam memvisualisasikan lagu itu, Jovian lebih dominan menampilkan adegan lari-lari sang vokalis di berbagai tempat dan memainkan efek-efek animasi untuk membedakan kehidupan surealis yang penuh pesan dan kehidupan realis yang penuh tanda tanya.

Jovian menuturkan, penggarapan video ini diakui memakan waktu cukup lama, mulai dari konsep hingga proses editing. Dalam penggarapannya, Jovian juga dibantu Benigno Adib (sutradara animasi), Dimasngehe (DOP), Aswood (animator), dan Bayu Rizki (Aerial).

Sebagai catatan, single “Desember Jangan Menangis” bukan karya baru karena sudah pernah dirilis pada 2019 lalu. Kini, single itu dipilih menjadi track ke-9 dalam album anyar bertajuk Awake yang rilis pada 2 Februari 2020.

Album Awake berisi sepuluh track dan telah tersedia di berbagai gerai digital seperti Spotify, Apple Music, dan sebagainya. Dirilis pada 2020 tepat sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

MV Monohero. (Foto: Dok Monohero/Tugu Jatim)
MV Monohero. (Foto: Dok Monohero/Tugu Jatim)

Monohero dalam proses penggarapannya juga dibantu Toko Rekam Jaya & EscapeEscape Coffee yang sempat mengadakan release party sekaligus private show untuk menandai kelahirannya.

Selain itu, album Awake mendapatkan penghargaan “Album Favorit versi Kapita Selekta Rekam Jaya 2020”. Kapita Selekta Rekam Jaya merupakan sebuah apresiasi yang diinisiasi Toko Rekam Jaya bersama berbagai media dan pegiat musik di Malang Raya.

Untuk diketahui, Monohero diawaki MF Wafy, Arie W. Omen, dan Alfian Roesman alias Beb. Mereka menggabungkan musik ambient dengan sentuhan psychedelic, aransemen vokal kontemporer, dan tata rupa yang unik. Sehingga membuat sebuah kesatuan presentasi audiovisual yang lengkap untuk dinikmati.

  • Bagikan