Nelayan di Tuban Mulai Perbaiki Perahu Rusak usai Diterjang Gelombang Tinggi - Tugujatim.id

Nelayan di Tuban Mulai Perbaiki Perahu Rusak usai Diterjang Gelombang Tinggi

  • Bagikan
Perahu rusak. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Sejumlah warga yang bergotong royong memperbaiki perahu nelayan yang rusak usai diterjang gelombang tinggi pada Jumat (27/05/2022). (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Sejumlah nelayan tradisional di kawasan Kota Tuban tampak mengutak-atik beberapa peralatan untuk memperbaiki perahu rusak usai diterjang gelombang tinggi. Ya, terjangan gelombang tinggi itu membuat banyak perahu nelayan rusak dalam sepekan terakhir.

Su’ud, nelayan Tuban asal Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Tuban, ini misalnya. Perahu kayu miliknya rusak berat setelah dihantam ombak setinggi 3 meter. Kondisi perahu rusak ini memaksanya untuk harus berhenti melaut.

Perahu rusak. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Nelayan di Tuban juga memperbaiki peralatan tangkapnya pada Jumat (27/05/2022). (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

“Perahunya diperbaiki, Mas. Kemarin kena ombak besar,” ujar Su’ud pada Jumat (26/05/2022).

Meski cuaca relatif baik, para nelayan lebih memilih memperbaiki perahu serta peralatan menangkap ikan yang rusak diterjang ombak. Mereka berharap pemerintah turun tangan untuk memberi bantuan.

“Ini teman-teman nelayan lainnya juga memperbaiki jala atau jaring yang juga rusak. Cuaca sangat ekstrem, membuat kami harus bergadang di malam hari untuk mengontrol kondisi perahu,” terang Suwandi yang juga nelayan asal kawasan Kota Tuban.

Perahu rusak. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Perahu nelayan di Tuban tampak diperbaiki pada Jumat (27/05/2022). (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

Hingga kini belum ada data resmi dari pemerintah, dampak cuaca buruk yang menerjang Pesisir Utara Kabupaten Tuban. Namun, berdasarkan pantauan, kerusakan perahu nelayan terjadi merata di lima kecamatan. Mulai dari Bancar, Tambakboyo, Jenu, Tuban, hingga Palang.

Selain merusak bangunan rumah, gelombang tinggi juga berdampak kerusakan pada lokasi wisata dan fasilitas olahraga yang ada di pesisir Tuban.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan