Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana: Perbaiki dan Tingkatkan Komunikasi Internal BPR dan BPRS

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana: Perbaiki dan Tingkatkan Komunikasi Internal BPR dan BPRS

  • Bagikan
Dr Aqua Dwipayana (kiri) bersama Kepala OJK Solo Eko Junianto (tengah) didampingi Kepala Subbagian Pengawasan Bank 1 Antonius Yudianto (kanan). (Foto: Dokumen)

SOLO, Tugujatim.id – Pada semua aspek kehidupan dan aktivitas bisnis termasuk di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) hal yang paling menonjol adalah komunikasi. Agar usahanya sukses maka semua pimpinan dan para karyawan perlu mendalami komunikasi secara komprehensif.

Demikian salah satu pesan yang akan disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana pada acara Sharing Komunikasi dan Motivasi Rabu siang (1/12/2021) ini di depan ratusan Direksi dan Komisaris Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) se-Solo Raya.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo Eko Junianto yang mengundangnya. Kegiatan tersebut merupakan Sosialisasi Komunikasi Efektif di Masa Pandemi dan “New Normal”. Pelaksanaannya di Swiss Belhotel Jalan Ahmad Yani nomor 45 Solo.

Untuk melakukan itu, lanjut Dr Aqua, semua pimpinan dan karyawan BPR dan BPRS agar serius memperhatikan aspek komunikasi. Di samping yang lainnya adalah dari sisi bisnis.

Khusus komunikasi di BPR dan BPRS perlu menjadi prioritas memperbaiki dan meningkatkan komunikasi di internal. Ini sangat penting dan vital sekali.

Apalagi masalah utama yang sering terjadi di internal perusahaan termasuk di BPR dan BPRS yang paling menonjol adalah komunikasi. Sehingga harus jadi prioritas untuk memperbaikinya.

“Jika komunikasi internalnya bagus, insya Allah komunikasi eksternalnya baik. Namun tetap perlu terus-menerus dibenahi dan ditingkatkan kualitasnya,” pesan Dr Aqua.

Jadwal Padat

Tiada hari tanpa melaksanakan Sharing Komunikasin dan Motivasi serta silaturahim. Aktivitas tersebut yang dilakukan Dr Aqua. Jadwalnya setiap hari padat sekali.

Belum selesai melaksanakan satu agenda, sudah ada undangan yang lain. Khusus untuk acara Sharing Komunikasin dan Motivasi terkadang dalam sehari bisa melaksanakan lebih dari tiga sesi.

Pamflet acara Sosialisasi Komunikasi Efektif di Masa Pandemi dan “New Normal” oleh Dr Aqua Dwipayana di Solo. (Foto: Dokumen)

Semua kegiatan itu dilakukan bapak dua anak tersebut dengan penuh suka cita. Sama sekali tidak merasa ada beban. Bahkan Dr Aqua sangat senang melaksanakan semua aktivitas tersebut.

OJK Solo, ujar Eko, sengaja mengundang Dr Aqua sebagai pakar Komunikasi. Harapannya kepada seluruh peserta dapat menyampaikan komunikasi yang efektif di masa Pandemi dan “new normal” agar bisnis BPR dan BPRS tetap bergerak guna menggairahkan perekonomian di wilayah Solo Raya.

Pria ramah tersebut yakin Dr Aqua dapat memenuhi semua harapannya. Sekaligus memotivasi seluruh yang hadir agar tetap semangat menjalankan bisnisnya selama pandemi Covid-19.

Sebelumnya beberapa bulan lalu saat Dr Aqua silaturahim ke Eko di kantornya dia mengatakan akan mengundang Dr Aqua untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di industri jasa keuangan wilayah Solo Raya.

“Semoga Pak Aqua berkenan memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi teman-teman industri jasa keuangan di wilayah Solo Raya. Insya Allah saya jadwalkan. Kalau sudah ada agendanya saya kabari kepada Pak Aqua,” kata Eko.

Spontan Dr Aqua menjawab siap. Pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara, pada 23 Januari 1970 itu sangat bersyukur dan senang mendapat undangan dari Eko.

“Insya Allah saya siap memenuhi undangan Sharing Komunikasi dan Motivasi dari Pak Eko. Asal jadwalnya tidak bersamaan dengan kegiatan saya yang lain,” tutur Dr Aqua.

Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu selama ini sudah sering diundang jadi narasumber di OJK. Sehingga cukup familiar dengan lembaga tersebut. (*)

  • Bagikan