Pekerjaan Menulis yang Bisa Dilakukan Selain Menjadi Novelis - Tugujatim.id

Pekerjaan Menulis yang Bisa Dilakukan Selain Menjadi Novelis

  • Bagikan
Ilustrasi karir menulis kartun
Ilustrasi karir menulis yang sebenarnya tidak melulu harus menjadi novelis. (Foto: Dokumen)

Kamu suka menulis tapi merasa bukan tipe yang cocok untuk menulis cerpen atau berlembar-lembar novel? Tenang saja! Pekerjaan menulis atau karir di bidang menulis kini semakin berkembang ke dalam beragam jenis profesi seiring maraknya dunia digital.

Berkembangnya dunia digital tentu juga semakin memperbanyak peluang bidang menulis dengan banyaknya jenis pekerjaan baru yang muncul. Jika dulu mungkin banyak dari kita yang mengenal jenis profesi secara umum seperti dokter, guru, insinyur, atau penulis, maka kini jenis-jenis pekerjaan itu sudah berkembang ke banyak jenis lainnya. Berikut beberapa jenis pekerjaan di bidang menulis yang bisa kamu tekuni.

Baca Juga: 12 Aplikasi untuk Membuat Hidup Lebih Terorganisir

1. Web Content Writer

Menulis sebagai content writer
Menulis sebagai content writer salah satu pekerjaan menulis yang bisa dijalani. (Foto: mediabistro)

Banyak perusahaan yang kini telah beralih menggunakan website sebagai media untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Dalam hal ini sebuah perusahaan pasti akan membutuhkan seorang penulis untuk menulis di blog website mereka. Seorang web content writer berkewajiban untuk menulis beragam konten menarik yang terkait dengan identitas perusahaan dan produk/jasa yang ditawarkan.

Dalam hal ini seorang web content writer tidak hanya berusaha membujuk pembeli sebagaimana penjualan di konvensional. Poin pentingnya adalah mereka memberikan konten yang informatif dan edukatif kepada pembeli terkait perusahaan yang secara tidak langsung juga diharapkan dapat menggugah emosi pembeli untuk mencari tahu sampai pada tahap membeli produk/jasa perusahaan.

2. Pekerjaan menulis sebagai copywriter

Ilustrasi Copywriter
Menjadi copywriter atau juga menulis secara persuasif juga banyak dicari sekarang sebagai pekerjaan menulis. (Foto: Pexels)

Jika web content writer lebih pada menyediakan konten yang informatif maka copywriter harus membuat konten yang persuasif. Posisi pekerjaan menulis ini bertugas untuk membuat sebuah konten promosi yang menarik tentang suatu produk tertentu. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian untuk menciptakan kalimat yang tepat mengena kepada target pembeli sehingga akan menimbulkan aksi dari sisi pembeli. Selain itu media untuk mempublikasikan konten dari seorang copywriter tidak hanya di website perusahaan namun juga berupa brosur, katalog produk, banner, poster, dan papan reklame.

Baca Juga: 5 Skill Penting untuk Sambut Tahun 2021

3. Jurnalis

Ilustrasi jurnalis tv video
Jurnalis merupakan pekerjaan yang menggali dan mencari kebenaran informasi tentang suatu peristiwa. (Foto: Pexels)

Menjadi seorang jurnalis juga bisa menjadi salah satu opsi karir menulis. Seorang jurnalis bekerja dengan melakukan kegiatan reportase sampai pada tahap menulis berita untuk dipublikasikan ke media masa. Seorang jurnalis dituntut untuk bersikap objektif dalam mengamati suatu peristiwa untuk memberikan informasi yang faktual kepada pembaca. Selain itu, jurnalis juga harus jeli dalam mengamati sebuah peristiwa. Hal ini akan bermanfaat untuk menghadirkan perspektif (angle) yang menarik dan penting bagi pembaca.

Jika kamu tertarik untuk berkarir di dunia jurnalistik, kamu bisa memulainya dari hal dasar mulai dari mengasah cara berpikir layaknya jurnalis sampai pada tahapan menulis reportase dan mengirimkannya ke media masa.

4. Penulis Naskah Film (Screenwriter)

Menulis mesin tik. Penulis naskah film
Tidak hanya tentang novel, industri film juga membutuhkan talenta untuk menulis naskah film, scriptwriting atau screenwriting. (Foto: Pexels)

Apa kamu bermimpi untuk menjadi salah satu penulis naskah film Hollywood? Jangan takut untuk bermimpi apalagi jika kamu sudah memantapkan niat untuk menekuni profesi dan pekerjaan menusli ini. Pekerjaan menulis naskah adalah elemen penting yang tersembunyi dalam proses kreatif pembuatan sebuah film di mana semua cerita bermula. Berbekal hobi menulis kamu bisa mulai berlatih dengan memahami hal-hal terkait screenplay dan mulai menulis naskah filmmu sederhana yang bisa diadaptasi dari sebuah karya buku. Seorang penulis naskah juga tidak hanya untuk naskah film namun juga untuk program reality show dimana ia harus mampu menghadirkan rancangan acara yang menarik dan menghibur.

5. Pekerjaan menulis sebagai “Spesialis Sosial Media”

tangan memegang smartphone
Menjadi spesialis media sosial dengan tulisan-tulisan yang mengikat juga dibutuhkan. (Foto” Pexels)

Selain website, berbagai perusahaan juga semakin menyadari pentingnya untuk berinteraksi dengan pengguna melalui sosial media. Jika website cenderung pada jenis komunikasi satu arah maka di sosial media sebuah perusahaan bisa menjalin relasi lebih dekat dengan pelanggannya. Oleh karena itu akan diperlukan seseorang yang mampu mengoptimalkan penggunaan sosial media untuk keberlangsungan perusahaan. Seseorang di posisi ini harus mampu menyediakan konten yang menarik dan sesuai dengan jenis media sosial yang digunakan seperti cara berkomunikasi dengan pelanggan di Instagram, Facebook, dan Twitter.

Baca Juga: Orang Kaya Punya Kesempatan Lebih Sukses? Apa Benar?

Pada intinya hampir semua jenis perusahaan akan membutuhkan jasa dari seseorang yang hobi menulis. Pekerjaan menulis hingga karir di bidang kepenulisan kini sudah semakin berkembang dan masih ada banyak lagi jenis profesi lainnya selain dari 5 diatas. Jadi jangan ragu untuk memulai karir di bidang menulis. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: trade-schools.net

  • Bagikan