Pemicu Stress? Yuk, Kenali 3 Jenisnya! - Tugujatim.id

Pemicu Stress? Yuk, Kenali 3 Jenisnya!

  • Bagikan
Ilustrasi orang yang mengalami stres. (Foto: Unplash/Tugu Jatim)
Ilustrasi orang yang mengalami stres. (Foto: Unplash)

Tugujatim.id – Stress! Ternyata kata ini mengandung makna yang dalam lho guys. Barangkali banyak yang menganggap bahwa kata itu bermakna negatif bagi kehidupan. Selain itu, stress identik dengan tekanan atau penurunan produktivitas.

Sebenarnya apa sih makna stress itu? Yaitu sebuah keadaan yang dialami seseorang ketika ada sebuah ketidaksesuaian antara tuntutan yang diterima dan kemampuan untuk mengatasinya. Dalam laman Cleveland Clinic, perubahan seseorang dalam menghadapi stress menuntut agar dapat menyesuaikan diri dan menanggapi secara fisik, psikologi, atau emosional.

Nah, respons-respons perubahan yang terjadi terhadap situasi dan adaptasi diri dari stress itu sendiri ada 3, yaitu eustress, distress, dan neustress. Apa sih makna dari 3 istilah itu? Simak penjelasan Tugu Jatim berikut ini ya!

1. Eustress

Eustress merupakan jenis stress yang dapat berdampak positif terhadap perubahan yang dialami sehingga dapat bermanfaat bagi orang yang mengalaminya. Saat mengalami stress, seseorang akan lebih produktif dan banyak melakukan hal positif serta dapat memotivasi diri mencapai target yang ingin diraih.

Pengaplikasian seseorang yang mengalami eustress dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan mencoba hal-hal baru, mengingat kembali tujuan yang ingin dicapai, dan keluar dari zona nyaman.

2. Distress

Berbeda dengan eustress, distress merupakan stress yang bersifat negatif. Seseorang akan merasa kesulitan terhadap suatu hal yang akhirnya berdampak pada kesehatan mentalnya. Distress sendiri dapat dibagi menjadi 2, yaitu stress akut dan stress kronis.

Dampak dari distress di antaranya mudah lelah dan lesu, sensitif, jam tidur tidak teratur, merasa bersalah dan putus asa, hingga mengakibatkan kinerja menurun.

3. Neustress

Neustress merupakan stress yang berada di antara eustress dan distress. Neustress tidak bersifat baik atau buruk, serta tidak menimbulkan efek bagi orang yang mengalaminya. Jenis stress ini adalah kondisi yang umum dan mungkin saja Anda pernah mengalaminya tanpa sadar.

So, stress merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari ya guys. Setiap kabar, peristiwa, dan perubahan yang dialami seseorang setiap hari dapat memicu stress, baik yang bersifat positif, negatif, maupun netral. Jadi, jaga diri Anda ya biar tidak terserang stress yang berlebihan. Stay safe and healthy guys!

 

Penulis adalah member Pondok Inspirasi (Pondasi).

  • Bagikan