Pemkot Batu Percepat Kepulangan ABK asal Jatim yang Terdampar di Pulau Guam melalui KBRI - Tugujatim.id

Pemkot Batu Percepat Kepulangan ABK asal Jatim yang Terdampar di Pulau Guam melalui KBRI

  • Bagikan
Para ABK asal Jatim saat meminta untuk segera bisa dipulangkan ke Indonesia. Mereka telah terlantar di Pulau Guam selama 5 bulan terakhir. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Para ABK asal Jatim saat meminta untuk segera bisa dipulangkan ke Indonesia. Mereka telah terlantar di Pulau Guam selama 5 bulan terakhir. (Foto: Dokumen)

BATU, Tugujatim.id – Pemkot Batu tidak tinggal diam karena ada warganya yang terdampar di Pulau Guam, Amerika Serikat, selama 5 bulan. Rencananya, dalam waktu dekat mereka juga akan berkirim surat kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Los Angeles AS, agar anak buah kapal (ABK) yang terdampar di sana bisa segera pulang.

Pemkot Batu melalui Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP-TK) Kota Batu menyambangi keluarga salah satu ABK asal Kota Batu pada Jumat (29/10/2021). Dia adalah Ali Akbar Cholid, 27, warga yang tinggal di Jalan Arjuno, RT 06, RW 06, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Kedatangan mereka dalam rangka ingin memastikan kebenaran informasi tersebut.

Mereka pun ditemui ibu Ali, Lulik Zuraida; dan istri Ali, Rani Septi Ridwan. Dari DPMPTSP-TK diwakili Kabid Tenaga Kerja Suyanto.

”Saya pastikan mereka warga sini dan ternyata benar. Alhamdulillah keadaan mereka di sana juga sehat,” kata Suyanto.

Lebih lanjut, pihaknya akan segera berkirim surat, baik kepada KBRI di Jakarta dan KJRI di Los Angeles AS, untuk mempercepat kepulangan mereka.

“Kami segera menyurati ke KBRI atau KJRI. Intinya, kami berusaha mendorong pihak terkait untuk mempercepat kepulangan mereka,” jelas dia.

  • Bagikan