Peringati Hari Air Sedunia 22 Maret, Ini 5 Cara Bijak Gunakan Air

  • Bagikan
Ilustrasi Hari Air Sedunia (World Water Day) di mana air sangat berharga bagi manusia. (Foto: Unsplash)

Tugujatim.id – Peringatan Hari Air Sedunia atau World Water Day dimulai pada tahun 1993 silam. Tujuannya satu, yakni menyadarkan seluruh warga dunia akan krisis air global yang dialami oleh 2.2 miliar orang di dunia.

Kampanye tersebut dilakukan agar manusia lebih menghargai air di mana air adalah bagian dari kehidupan. Manusia sangat bergantung pada air, mulai dari untuk minum, membersihkan badan, sampai menjaga kelestarian lingkungan.

Tak hanya itu, pada peringatan Hari Air Sedunia ini juga menyadarkan kita jika bumi pun perlu air. Mulai hewan, tumbuhan, atau organisme lain membutuhkan air untuk hidup dan berkembang.

Karena itu, penting untuk menjaga ketersediaan air dengan menggunakan air secara bijak. Hal-hal di bawah ini mungkin sering Anda sepelekan, namun sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup kita. Apa sajakah itu? Yuk, simak!

1. Periksan Pipa dan Keran

Pada peringatan Hari Air Sedunia ini, mari kita periksa tiap pipa dan keran di rumah Anda. Hal ini bisa Anda lakukan secara berkala untuk mengetahui adanya kebocoran atau tidak. Tujuannya agar air bersih tidak terbuang sia-sia. Dengan mengurangi kebocoran, makin banyak air yang terselamatkan dan dapat dimanfaatkan dengan baik.

2. Pakai Shower

Penggunaan shower saat mandi dapat mengurangi pengunaan air sebesar 60% daripada menggunakan bathtub atau gayung. Saat menggunakan shower, air yang dihabiskan hanya sekitar 12 liter, sedangkan kita dapat menghabiskan air hingga 18 liter saat menggunakan gayung. Selain itu, membersihkan tubuh dengan shower lebih efektif daripada menggunakan bathtub atau gayung.

3. Matikan Keran atau Shower

Saat sedang menggosok gigi, sebaiknya matikan keran air. Lalu nyalakan lagi saat akan digunakan. Membiarkan keran air terbuka adalah perilaku yang tidak cukup bijak dalam memanfaatkan air bersih. Selain itu, matikan juga shower saat sedang menggosok badan atau keramas, lalu nyalakan lagi saat akan membilasnya.

4. Perhitungkan saat Merebus Air

Seringkali kita membuang sisa air rebusan karena memang terlalu banyak saat merebus. Padahal air bersih tersebut masih bisa digunakan untuk hal lain. Jadi, coba perhitungkan air yang akan digunakan sebelum merebus atau memasak air.

5. Gunakan Filter Air

Dengan menggunakan filter air, kita dapat mengurangi penggunaan air mineral untuk minum. Mungkin cukup mahal pada awal pembelian, namun akan sangat menghemat pengeluaran Anda juga pada penggunaan jangka panjang. Selain menghemat pengeluaran, tentu akan menghemat penggunaan air mineral.

Nah, itu dia 5 cara bijak untuk menghemat penggunaan air. Dengan menghemat air, tidak hanya bermanfaat untuk saat ini tetapi juga masa depan anak cucu kita nanti. Selamat Hari Air Sedunia! (Muthiya Mabila/gg)

  • Bagikan