Persiapan Berangkat Haji 2021, Pemkab Tuban Vaksinasi 436 CJH Lansia - Tugujatim.id

Persiapan Berangkat Haji 2021, Pemkab Tuban Vaksinasi 436 CJH Lansia

  • Bagikan
Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Tuban Umi Kultsum. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)
Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Tuban Umi Kultsum. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Sebanyak 436 calon jamaah haji (CJH) yang tergolong lanjut usia (lansia) 60 ke atas asal Kabupaten Tuban sudah mendapatkan vaksinasi. Hal itu sebagai upaya persiapan yang dilakukan Kemenag Tuban sebelum pemberangkatan haji 2021.

“Untuk persiapan sudah semua, termasuk vaksinasi kepada sekitar 436 CJH lansia,” terang Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Tuban Umi Kultsum pada Jumat (28/05/2021).

Umi menjelaskan, proses vaksinasi Covid-19 terhadap CJH lansia, baik tahap 1 maupun 2, telah dilaksanakan oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban. Sedangkan untuk proses vaksinasi terhadap CJH lainnya hingga saat ini belum ada instruksi.

“Vaksinasi diprioritaskan untuk CJH lansia. Untuk CJH yang lainnya belum ada instruksi,” jelasnya.

Meski masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah pusat, tahun ini Kemenag Kabupaten Tuban telah mempersiapkan 1.296 CJH. Persiapan itu meliputi kelengkapan dokumen-dokumen, mulai dari paspor, lembar pelunasan, dan vaksinasi.

Untuk diketahui, dari jumlah 1.296 CJH yang telah disiapkan untuk berangkat ke Tanah Suci, mereka merupakan CJH yang gagal berangkat pada masa pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu.

  • Bagikan