Perusakan Motor oleh Kelompok Perguruan Silat di Tuban, Kapolres: Jangan Lakukan Serangan Balasan - Tugujatim.id

Perusakan Motor oleh Kelompok Perguruan Silat di Tuban, Kapolres: Jangan Lakukan Serangan Balasan

  • Bagikan
Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono merencanakan hari ini (12/4/2021) akan bertemu dengan beberapa pimpinan perguruan pencak silat di Bumi Wali. Hal tersebut menindaklanjuti beberapa kali insiden yang melibatkan mereka di wilayah hukum Tuban.

“Dalam pertemuan tersebut, intinya kita memberikan imbaun yang disampaikan kepada ketua ranting dan jajarannya ke bawah agar bisa menjaga kondusifitas apalagi menjelang Ramadan,” kata Kapolres Tuban.

Ruruh juga berpesan, kepada pimpinan perguruan pencak silat, untuk memberikan imbauan untuk tidak melakukan aksi balasan dari peristiwa pengerusakan motor kemarin (11/4/2021).

“Pastinya kita akan meminta pertanggungjawaban kepada mereka jika kejadian ini terulang kembali,”ungkapnya.

Polres Tuban Pastikan Proses Hukum Tetap Berlanjut

Sampai saat ini, Polres Tuban belum menentukan tersangka dari kasus pengerusakan motor yang dilakukan kelompok perguruan pencak silat ini. Beberapa orang diperiksa untuk mengetahui keterlibatannya sejauh mana.

“Kita masih kumpulkan alat bukti yang ada,” terang perwira yang murah senyum ini.

Menurut penuturan Ruruh. pemicu peristiwa tersebut, salah satu perguruan silat melaksanakan Kopi Darat (kopdar) di Pantai Semilir, Desa Socorejo, Kecmatan Jenu. Mereka bergerak dari arah timur, bahkan melibatkan dari komunitas pencak silat di luar Tuban. Akhir terjadi kesalahpahaman dengan perguruan pencak silat lainnya.

“Kegiatan tersebut tanpa memberitahukan kepada petugas keamanan,” katanya.

Sebatas diketahui, kelompok perguruan silat di Kabupaten Tuban melakukan pengerusakan terhadap dua sepeda motor milik warga di depan Kawasan Industri Tuban (KIT) Jalur Pantura Tuban, tepatnya di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Minggu, (11/4/2021) pukul 13.30 WIB.

Pengerusakan itu dilakukan ketika mereka tengah menggelar aksi konvoi sepeda motor. Dua sepeda motor yang rusak parah telah diamankan anggota sebagai barang bukti. Kemudian, tiga pemuda mengalami luka-luka akibat dikeroyok masa perguruan silat.

Kelompok Perguruan Silat di Tuban Rusak 2 Motor Warga, 5 Orang Diamankan Polisi

Tugu Media Group (tugumalang.id dan tugujatim.id) membuka donasi untuk korban Gempa Malang. Selengkapnya untuk donasi klik di sini.

  • Bagikan