Pondok Inspirasi X Ruber Academy, Usung Coaching Kenali Potensi Anak sejak Dini

Siswa TK Kartika XIX 21 Belajar lewat Fototerapi

Pondok Inspirasi X Ruber Academy. (Foto: Kholili Pondok Inspirasi/Tugu Jatim)
Pondok Inspirasi dan Ruber Academy memberikan sesi coaching kepada 46 siswa/I TK Kartika XIX 21 Yonif 315 Garuda, Bogor, Kamis lalu (10/11/2022). (Foto: Kholili Pondok Inspirasi)

BOGOR, Tugujatim.id – Pondok Inspirasi X Ruber Academy kembali melebarkan kebermanfaatannya dengan mengadakan sesi coaching untuk para siswa TK Kartika XIX 21 Yonif 315 Garuda, Bogor, Jawa Barat, Kamis lalu (10/11/2022).

Kegiatan Pondok Inspirasi X Ruber Academy di TK Kartika XIX 21 itu bertujuan untuk mengenali serta menggali potensi yang dimiliki dari para siswa. Uniknya, kegiatan coaching kali ini adalah Pondok Inspirasi mulai melibatkan mahasiswa IPB yang berperan sebagai coach muda yang akan memberikan sesi coaching kepada para siswa.

Dalam sesi coaching tersebut, salah satu tools yang digunakan adalah coaching card Provoke for kids yang dirancang oleh tim Ruber Academy dengan sistem fototerapi. Sesi ini berlangsung dengan interaktif dan antusias. Topik yang diangkat soal kebahagiaan. Para coach pun mengajak para siswa mengeksplorasi gambar/foto yang terdapat pada coaching card.

Pondok Inspirasi X Ruber Academy. (Foto: Kholili Pondok Inspirasi/Tugu Jatim)
Suasana usai coaching kepada 46 siswa/I TK Kartika XIX 21 Yonif 315 Garuda, Bogor, Kamis lalu (10/11/2022). (Foto: Kholili Pondok Inspirasi)

Percakapan yang dibangun dalam suasana coaching siswa tersebut adalah jenis percakapan refleksi. Caranya, coach akan menanyakan kepada coachee apa yang dirasakan, apa yang timbul dari perasaan itu, dan apa yang diperoleh dari percakapan itu.

“Aku suka buah Kak karena selain enak buah juga membuat aku sehat. Aku sedih kalau teman-teman ga ajak aku main, tapi aku ga sedih lagi karena kalau di rumah aku bisa main sama Kakak,” ujar Raka, salah satu siswa di TK tersebut.

Selain berani mengungkapkan perasaan, para siswa juga diajak bereksplorasi melalui kegiatan menggambar apa yang membuat mereka bahagia. Di sesi terakhir, mereka diajak untuk menggambar dari apa yang telah diceritakan.

“Coachingnya menyenangkan karena kita secara tidak langsung bisa mengenali karakter anak melalui cerita yang mereka buat. Sesi coaching ini juga bisa melatih para siswa untuk berani mengungkapkan perasaan,” ujar Eva, salah satu mahasiswi yang memberikan coaching tersebut.

Pendekatan coaching melalui fototerapi membantu para siswa melakukan eksplorasi gambar/foto isu-isu personal. Mereka diberi kebebasan untuk mengambil satu kartu yang paling disukai dalam suasana yang menyenangkan dan nyaman proses coaching ini tetap bisa dilakukan dengan efektif.

Kepala TK Kartika XIX 21 Elly Muliawati menambahkan, kegiatan ini membantu guru memahami dan mengenal lebih dekat karakteristik dari setiap anak di TK tersebut.

“Sesi coaching ini memberikan refleksi kepada kami para guru yang setiap hari mendampingi anak-anak. Terima kasih kepada Pondok Inspirasi X Ruber Academy karena telah berbagi pengalamannya melalui kegiatan coaching ini. Kami senang karena anak-anak bisa menjalani proses coaching ini dengan antusias,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada ranah pendidikan, hubungan antara guru dan murid kerap kali menjadi tombak keberhasilan dalam memaksimalkan potensi tumbuh kembang anak. Peranan yang sangat penting dalam mengeksplorasi diri guna mencapai tujuan pembelajaran dan memaksimalkan potensi yang dimilikinya dikenal dengan istilah coaching.