Praktik Manasik Haji, Ratusan Jamaah di Tuban Makin Memantapkan Persiapan ke Tanah Suci - Tugujatim.id

Praktik Manasik Haji, Ratusan Jamaah di Tuban Makin Memantapkan Persiapan ke Tanah Suci

  • Bagikan
Praktik manasik haji. (Foto: Mochamad Abdurrrochim/Tugu Jatim)
Jamaah yang mempratikkan rukun haji dalam manasik massal yang digelar Kemenag Tuban pada Kamis (26/05/2022). (Foto: Mochamad Abdurrrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Ratusan calon jamaah haji (CJH) Tuban melakukan praktik manasik haji di kawasan Gedung Graha Sandiya, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Kamis (26/05/2022). Mereka tampak antusias mengikuti satu per satu praktik melaksanakan rukun haji. Mulai dari niat ihram dari miqat, wukuf di Arah, kemudian mabid di Muzdalifah, jumrah aqobah dan tahalul awal.

Mereka selanjutnya melakukan mabit ke min, kembali diteruskan jumarat di hari Tasyrik (11, 12, 13 Dzulhijah), thawaf, dan sa’i.

Praktik manasik haji. (Foto: Mochamad Abdurrrochim/Tugu Jatim)
Para jamaah antusias pratikkan manasik haji pada Kamis (26/05/2022). (Foto: Mochamad Abdurrrochim/Tugu Jatim)

Kepala Kantor Kemenag Tuban Ahmad Munir mengatakan, tujuan praktik manasik haji ini memberikan gambaran besar selama beribadah di sana. Dia melanjutkan, jamaah ketika sudah di sana bisa mandiri, tidak mengandalkan orang lain.

“Kami sengaja membagi menjadi beberapa kelompok. Tujuannya agar paham satu per satu rukun yang dilakukan,” ungkap Munir.

Mantan Kepala Kantor Kemenag Kota Madiun ini menambahkan, jamaah asal Tuban dijadwalkan berangkat pada 3 Juni 2022. Rincian kloter pertama 450 orang, sisanya 145 orang ikut kloter gabungan Tuban-Bojonegoro yang berangkat pada 4 Juni 2022.

Praktik manasik haji. (Foto: Mochamad Abdurrrochim/Tugu Jatim)
Para jamaah melakukan satu per satu kegiatan manasik haji pada Kamis (26/05/2022). (Foto: Mochamad Abdurrrochim/Tugu Jatim)

“Alhamdulillah, kemarin sore sudah menerima undangan untuk masuk Asrama Haji embarkasi Surabaya pada 3 Juni 2022,” ungkap pria kelahiran Bojonegoro ini.

Di tempat yang sama, salah satu jamaah Ardian Zaenal Abidin berterima kasih kepada pemerintah dan Kerajaan Arab Saudi yang memberikan kesempatan tahun ini untuk beribadah haji.

“Terima kasih pemerintah, kemenag. Alhamdulillah, kami bisa berangkat,” katanya.

Menurut dia, praktik manasik haji yang dilakukan hari ini sangatlah bermanfaat. Karena ini dibutuhkan jamaah untuk bisa paham dan mengingat kembali yang dipelajari sebelumnya. Sebab, selama dua tahun gagal berangkat sehingga perlu di-refresh lagi.

“Pastinya ini juga dibutuhkan jamaah, Mas,” ujarnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan