Rangkaian HUT Ke-336, Warga Pasuruan Unjuk Gigi Hasil Kreasi Musik Lesung dan Tari Tradisional - Tugujatim.id

Rangkaian HUT Ke-336, Warga Pasuruan Unjuk Gigi Hasil Kreasi Musik Lesung dan Tari Tradisional

  • Bagikan
Musik lesung. (Foto: Pemkot Pasuruan/Tugu Jatim)
Kreasi musik lesung karya warga Pasuruan yang dilombakan di Gedung Kesenian Dharmoyudho, Kota Pasuruan, Sabtu (26/03/2022). (Foto: Pemkot Pasuruan)

PASURUAN, Tugujatim.id – Lesung yang biasa dipakai petani untuk menumbuk padi, kini ternyata bisa menjadi alat musik unik yang dikreasikan warga Pasuruan. Alunan pukulan musik lesunghttps://tugujatim.id/tag/musik-lesung/ yang rancak begitu asyik dipadukan dengan instrumen alat tradisional lain, seperti gendang, kulintang, hingga rebana. Bahkan, suara merdu para ibu-ibu yang menyanyikan lagu-lagu tradisional Jawa pun semakin membius perhatian para penonton Festival Kolaborasi Seni Musik Tradisional dan Lomba Tari Pasuruan Kondhang di Gedung Kesenian Dharmoyudo pada Sabtu (26/03/2022).

Kepala Disdikbud Kota Pasuruan Mualif Arif mengungkapkan, lomba musik lesung ini diselenggarakan sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun ke-336 Kota Pasuruan.

“Kegiatan ini juga untuk menjaga nilai estetika dan meningkatkan apresiasi masyarakat untuk melestarikan budaya lokal,” ujar Arif pada Sabtu (26/03/2022).

Musik lesung. (Foto: Pemkot Pasuruan/Tugu Jatim)
Peserta kreasi musik lesung menunjukkan penampilan terbaik di Gedung Kesenian Dharmoyudho, Kota Pasuruan, Sabtu (26/03/2022). (Foto: Pemkot Pasuruan)

Selain lomba kreasi musik lesung, juga digelar lomba tari kondang yang diikuti perwakilan 25 kelurahan se-Kota Pasuruan. Tari kondang sendiri merupakan tarian khas Kota Pasuruan yang diiringi dengan alunan lagu Pasuruan Kondang.

“Lomba ini diikuti sekitar 225 peserta. Nantinya para peserta akan merebutkan hadiah juara 1, 2, dan 3,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten 1 Wali Kota Ir Sahari Putro berharap para seniman bisa lebih kreatif dengan mengolaborasikan dan terus menggali potensi-potensi lokal yang ada di Kota Pasuruan.

”Kemampuan seniman dalam menciptakan karya seni baru yang harus benar-benar kami kembangkan,” ujarnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan