Revisi Peraturan Wamil, Kini Artis K-Pop Bisa Tunda Keberangkatan

  • Bagikan
peraturan wamil bagi artis k-pop, kerja sama dagang indonesia korea selatan
Grup K-Pop, BTS. (Foto: via Soompi)

Menjalankan Wajib Militer (Wamil) adalah sebuah kewajiban bagi warga negara laki-laki di Korea Selatan yang sudah memenuhi syarat. Peraturan ini seringkali menjadi topik bahasan hangat di kalangan penggemar K-Pop terkait artis mereka yang harus menunda karirnya. Akan tetapi pada (1/12) kemarin, Majelis Nasional Korea Selatan telah menetapkan ketentuan baru bahwa artis K-Pop dapat menunda keberangkatan mereka sampai berusia 30 tahun.

Sebanyak 268 dari total suara majelis, sejumlah 253 suara menyetujui pengajuan ini, 2 suara menolak, dan 13 suara tidak memilih. Akan tetapi terdapat beberapa syarta dan kondisi yang harus dipenuhi untuk mendapat pengecualian ini. Salah satunya yaitu artis K-Pop yang bisa menunda keberangkatan ini hanya mereka yang telah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Baca Juga: Dua Desa di Lumajang Bertahan di Pengungsian Pasca-Erupsi Gunung Semeru

Rekomendasi ini bisa didapatkan seseorang apabila ia telah memberikan sumbangsih besar untuk membawa nama baik Korea Selatan. Hal ini sebagaimana yang telah diperoleh BTS sebagai penerima Penghargaan Kebudayaan (Order of Cultural Merit) dari Pemerintah Korea Selatan.

Ketetapan baru ini tentu disambut baik oleh para penggemar BTS ‘ARMY’ yang menantikan adanya perubahan usia untuk menjalani Wamil. Anggota tertua BTS, Jin yang pada bulan ini menginjak usia 28 tahun seharusnya akan memasuki masa Wamil. Namun dengan adanya perubahan ini, ia pun bisa menunda sampai di usia 30 tahun mendatang.

Penangguhan yang disebut untuk BTS ini memang bukan tanpa dasar jika menilai dari pencapaian-pencapaian global yang berhasil mereka capai. Popularitas BTS di panggung dunia juga berdampak baik secara signifikan untuk citra Korea Selatan.

Pengajuan perubahan peraturan ini juga diajukan setelah BTS menjadi grup Korea pertama yang sukses meraih No.1 di Billboard Hot 100 dengan lagu “Dynamite” mereka.

Baca Juga: Ruang Isolasi COVID-19 di Sejumlah Rumah Sakit Surabaya Mulai Penuh

Di Korea Selatan, ada lebih dari 200.000 pemuda yang harus menunda masa belajar dan karir mereka untuk menjalani Wamil. Kewajiban ini dianggap krusial untuk pertahanan negara dalam menghadapi Korea Utara.

“Melindungi negara adalah sebuah tugas mulia seorang warga negara tapi itu bukan berarti harus menggunakan senjata untuk memenuhi tugas ini,” tutur Noh Woong-rae anggota Partai Demokrat yang mendukung adanya perlakuan khusus untuk BTS. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: nytimes.com & soompi.com

 

  • Bagikan