Siapkan Karir Generasi Muda, Pondok Inspirasi Gelar Webinar Series yang Inspiratif - Tugujatim.id

Siapkan Karir Generasi Muda, Pondok Inspirasi Gelar Webinar Series yang Inspiratif

  • Bagikan
Webinar Series dengan tema “Pendidikan dan Dunia Kerja” yang digelar oleh Pondok Inspirasi via Zoom, Sabtu (7/8/2021). (Foto: Dokumen) tugu jatim
Webinar Series dengan tema “Pendidikan dan Dunia Kerja” yang digelar oleh Pondok Inspirasi via Zoom, Sabtu (7/8/2021). (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Pondok Inspirasi (Pondasi), lembaga sosial yang bergerak di dunia pendidikan menggelar acara bertajuk Webinar Series, Sabtu (07/08/2021). Webinar Series pertama ini mengangkat tema “Pendidikan dan Dunia Kerja” yang diadakan khusus bagi mahasiswa S1, D4, maupun D3 di seluruh Indonesia dan masyarakat umum melaui Zoom Meeting Conference dan live streaming di YouTube, dengan total peserta 862 orang.

Apa sih tujuan diadakannya acara Webinar Serires kali ini? Tentunya agar pemuda Indonesia semakin mempersiapkan dan merencanakan dengan matang pendidikan maupun skills untuk menempuh dunia kerja.

Webinar ini menghadirkan pembicara yang luar biasa. Ibu Tanti Mantily Dewi, Talent Acquisition Corporate Coach and Psikolog dari PT Paragon Technology and Innovation yang menjelaskan tentang Finding the Purposeful Career. Ia menjelaskan tentang Job dan Career dengan konsep Ikigai yang merupakan a Japanese concept meaning “a reason for being”.

Ikigai ini merupakan perpaduan antara What you love, What you are Good at, What you can be paid for, dan What the world needs. Pengembangan karir ini dapat disederhanakan dengan menjawab pertanyaan What is your career?, Why it is your career?, dan How will you set your career?”, beber Tanti.

Tidak hanya itu, pada kegiatan itu juga hadir CEO PT Paragon Technology and Innovation, Salman Subakat yang membakar semangat para peserta.

“Halo masa depan Indonesia, kalau teman bayangkan diri teman 10 tahun yang akan datang, apa yang akan dia ceritakan?” ucap Salman sebagai pembuka. Salman juga memaparkan tiga concept development, yaitu olah hati, pikiran, dan tangan (Heart, Head, and Hand).

Webinar Series ini juga membahas cara memaksimalkan potensi mahasiswa dalam menanggapi era distrupsi oleh Prof. Dr. Ir. Tatacipta Dirgantara, M. T. yang merupakan guru besar dalam bidang Mekanika Komputasional sekaligus Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB.

“Satu yang saya tekankan, belajarlah untuk belajar”, ujar Prof. Tata.

Selain membahas dari segi psikologi, concept development dan dunia pendidikan, juga dibahas dari segi start up/bisnis. Head of Indonesia Regions Strategy @GOJEK, Leo Wibisono Arifin turut dihadirkan untuk menjelaskan perspektif GOJEK mengenai talenta yang dibutuhkan di masa yang akan datang, standar kualitasnya dan challenges-nya di dunia industri.

Lalu apa saja value yang dipegang di GOJEK?

“Ada tiga value yang dipegang di GOJEK, yang selalu diingatkan. Pertama Speed, karena ide yang bagus itu bisa datang dari siapa saja, tapi eksekusi itu tidak semua orang punya. Kedua Innovation, dari curiousity itu lahir innovation. Ketiga Social Impact, dengan teknologi kita bisa bantu banyak orang”, jelas Kak Leo menjawab pertanyaan Rahman salah satu peserta webinar.

“Tiga hal yang dapat dipikirkan sebagai fresh graduated, yaitu keep open mind, be helpful, dan yang paling penting adalah network,” ucap Kak Leo di akhir sesi webinar.

Untuk diketahui, Pondasi (Pondok Inspirasi) merupakan Yayasan Sosial Pendidikan, membantu pemuda khususnya mahasiswa Indonesia untuk meningkatkan keterampilannya di bidang penulisan ilmiah. Pondok Inspirasi akan terus melebarkan sayapnya ke seluruh Indonesia dengan berbagai program seperti webinar dengan salam tangguh, pemelajar, kreatif, dan menginspirasi.

  • Bagikan