Sinopsis Film Resident Evil: The Final Chapter, Usaha Penyelamatan Populasi Manusia

  • Bagikan
Resident Evil The Final Chapter (2016)
Resident Evil The Final Chapter. (Foto: IMDb)

Resident Evil: The Final Chapter merupakan film bergenre horor, aksi, sekaligus fiksi sains thriller Amerika Serikat. Film ini merupakan seri keenam serkaligus terakhir dari Resident Evil. Dengan demikian, film ini adalah kelanjutan Resident Evil: Retribution yang dirilis tahun 2012.

Film ini digarap sesuai arahan sutradara bernama Paul W. S. Anderson. Ia juga yang menulis skenario untuk film ini. Skenarionya ditulis berdasarkan serial permainan video horor karya Capcom dengan judul yang sama.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Proses perencanaan film Resident Evil: The Final Chapter dimulai setelah melihat kesuksesan Resident Evil: Retribution yang merupakan film keenam dalam serial Resident Evil. Film ini akhirnya direncanakan masuk dalam proses produksi pada akhir 2013 setelah Paul Anderson menyelesaikan karyanya dalam film romansa berjudul Pompeii. Pada Juni 2014, Paul pun mengumumkan judul film terakhir dalam seri Resident Evil.

Baca Juga: Mau Gaji Aman Hingga Akhir Bulan? Ikuti Langkah-Langkah Berikut ini!

Rencana pengambilan gambar akan dimulai pada Agustus 2014 di Afrika Selatan, tetapi harus ditunda menjadi 15 Juli 2015. Kemudian pada 20 September 2015, ada sebuah pengumuman yang menyatakan jadwa perilisan Resident Evil: The Final Chapter. Akhirnya pada tanggal 27 Januari 2017, film berdurasi 106 menit ini pun dirilis oleh Screen Gems sebagai distributor resmi.

Seri keenam sekaligus terakhir film Resident Evil ini dibintangi oleh Milla Jovovich, Ali Larter, Ruby Rose, William Levy, Eoin Macken, Rola, Lee Joon-gi, dan Iain Glen. Sayangnya ada beberapa aktor dan aktris yang tidak bisa bergabung dalam proyek ini. Akhirnya, muncul nama-nama baru dalam film Resident Evil: The Final Chapter.

Sinopsis Film Resident Evil: The Final Chapter

Kisah dalam film ini merupakan lanjutan Resident Evil: Retribution. Adegan dalam film ini bermula dengan pengkhianatan yang dilakukan Albert Wesker. Ia berpura-pura telah mengembalikan kemampuan super Alice. Saat itu, kekuatan Alice sempat hilang saat berurusan dengan Umbrella Corporation (perusahaan yang menjadi biang kerok virus zombi).

Baca Juga: Agar Hari Lebih Berwarna, Anda Bisa Melakukan Tips-Tips Ini di Pagi Hari

Sejak kejadian pada film Resident Evil: Retribution, jumlah manusia semakin sedikit. Alice pun harus berjuang melawan para zombi dan mutan-mutan baru. Akhirnya ada sebuah petunjuk yang mengharuskan Alice kembali ke kota Raccoon.

Petunjuk itu diperoleh ketika Red Queen muncul. Ia memberitahu Alice jika Umbrella Corporation yang ada dalam kota Racoon telah kembali mengembangkan anti-virus. Selain itu, ada informasi lain yang diperoleh, yakni anti virus tersebut mampu membunuh setiap organisme yang terjangkit T-Virus sehingga menjadi zombie.

Umbrella Corporation berencana membunuh semua manusia yang masih ada. Alice pun memutuskan pergi ke Racoon. Alice pun mengajak teman-temannya yang tersisa. Selain itu, ia juga bekerja sama dengan kelompok manusia yang masih tersisa, termasuk Claire Redfield untuk mendapatkan peluang keberhasilan yang tinggi.

Kali ini perjalanan Alice tidaklah mudah seperti biasanya. Ia dihadapkan pada ketakutan akan kehilangan kekuatan super. Ia juga harus berlomba dengan waktu untuk menyeamatkan populasi dan kehidupan masa depan manusia.

Baca Juga: Prekuel Game of Thrones Akan Rilis Tahun 2022, Fokus ke Cerita Keluarga Targaryen

Review

Film Resident Evil: The Final Chapter mendapat sambutan positif dari para penonton. Film ini menghabiskan anggaran produksi yang cukup banyak, yakni 40 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp652 Milliar. Pendapatan yang diperoleh film inipun cukup fantastis, yakni 285,4 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp285,4 milliar rupiah.

Film ini juga mendapat penilaian yang cukup positif dari para kritikus. Film ini mendapat skor memberi skor 37 persen dari kritikus dan 48 persen dari penonton di situs Rotten Tomatoes. Sementara itu, situs IMDb memberikan nilai 5,5 dari 10 untuk film ini. (Sindy Lianawati/gg)

  • Bagikan