Situs Tempo Diretas, Pemred Sebut Ini Upaya Bungkam Jurnalistik

  • Bagikan
tempo diretas
Ilustrasi peretasan situs berita Tempo.co (Foto: Pixabay)

Situs berita nasional, Tempo.co dilaporkan diretas oleh pihak tak bertanggung jawab Jumat dini hari (21/8/2020). Pemimpin Redaksi (Pemred) Tempo.co, Setri Yasra pun membenarkan kabar tersebut. Ia beranggapan bahwa upaya tersebut merupakan upaya untuk membungkan dan mengganggu kerja jurnalistik.

“Kami mengecam siapapun yang berupaya mengganggu tugas media dalam memenuhi hak publik atas informasi yang relevan dan terpercaya,” terang Setri seperti ditulis dalam postingan di akun Instagram official Tempo.co, tempodotco, Jumat (21/8/2020) siang.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Untuk diketahui, situs Tempo diretas tersebut dilakukan tak hanya sekali. Berdasar penelusuran, uji coba peretasan tersebut dilakukan berkali-kali.

Baca Juga: Swab Pelaku Cium Jenazah COVID-19 Negatif, Satu Keluarga Lain Positif

Berdasar kronologi peretasan di laman Tempo.co, aksi peretasan yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab tersebut terjadi sekitar pukul 00.00 Jumat (21/8/2020) dini hari tadi.

“Situs Tempo tidak bisa diakses dengan layar putih bertuliskan 403 forbidden,” tulis Tempo.

Sekitar pukul 00.30, tampilan situs menjadi warna hitam dan beriringan, suara lagu Gugur Bunga ikut menyertai. Selain itu, juga terdapat tulisan: “Stop Hoax, Jangan BOHONGI Rakyat Indonesia, Kembali ke etika jurnalistik yang benar patuhi dewan pers. Jangan berdasarkan ORANG yang BAYAR saja. Deface By @xdigeeembok.”

Setelah itu, tim Tempo berhasil mengambil alih situs Tempo yang diretas tersebut sekitar pukul 01.24 WIB dan pukul 01.30 situs tersebut sudah kembali normal. Namun, pukul 02.26 situs kembali diserang walaupun hanya berdurasi lima menit sebelum Tempo kembali mengambil alih kembali.

Saat ini, situs Tempo.co sudah bisa diakses dengan normal.

 

Penulis: Gigih Mazda

  • Bagikan