Tingkatkan Soft Skill Mahasiswa, FKIK UIN Malang Gelar Workshop Jurnalistik dan Multimedia Bareng 2 Narasumber Andal - Tugujatim.id

Tingkatkan Soft Skill Mahasiswa, FKIK UIN Malang Gelar Workshop Jurnalistik dan Multimedia Bareng 2 Narasumber Andal

  • Bagikan
FKIK UIN Malang. (Foto: Farha Kamilatun Nuha Anwar dan Muhammad Abdullah Umar/Tugu Jatim)
CEO Tugu Media Group Irham Thoriq (kiri) menerima cenderamata dari Wadek III FKIK UIN Malang dr Alvi Miliana. (Foto: Farha Kamilatun Nuha Anwar dan Muhammad Abdullah Umar)

MALANG, Tugujatim.id – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Malang menggelar workshop jurnalistik dan multimedia pada Selasa (14/06/2022). Suasana gayeng tercipta saat acara FKIK UIN Malang bertema “Self-actualization Towards Bright Future Through Journalism” itu digelar offline dengan menghadirkan 2 narasumber andal.

Workshop yang diikuti 30 peserta itu tak hanya berasal dari mahasiswa FKIK, tapi juga ada mahasiswa dari fakultas maupun kampus lainnya. FKIK UIN Malang menghadirkan 2 narasumber andal, yaitu CEO Tugu Media Group (yang membawahi www.tugumalang.id, www.tugujatim.id, dan www.tugubandung.id) Irham Thoriq dan Dosen Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut 10 November Surabaya (ITS) Naufan Noordyanto MSn.

Sebelum materi diberikan kepada puluhan peserta, Dekan FKIK UIN Malang Prof Dr dr Yuyun Yueniwati Prabowowati Wadjib MKes SpRad(K) dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan soft skill para mahasiswa.

FKIK UIN Malang. (Foto: Farha Kamilatun Nuha Anwar dan Muhammad Abdullah Umar/Tugu Jatim)
Dekan FKIK UIN Malang Prof Dr dr Yuyun Yueniwati Prabowowati Wadjib MKes Sp Rad(K) (dua dari kanan) foto bersama sejumlah pejabat FKIK UIN Malang dan narasumber Irham Thoriq (kanan).(Foto: Farha Kamilatun Nuha Anwar dan Muhammad Abdullah Umar)

”Karena soft skill ini sangat diperlukan. Salah satunya tujuannya untuk meningkatkan branding FKIK. Jadi, ketika banyak berita positif dari FKIK, otomatis branding kami akan baik,” kata perempuan berkacamata ini.

Sementara itu, CEO Tugu Media Group Irham Thoriq saat pemaparan materi banyak menjelaskan tentang bagaimana cara menulis berita yang baik dan benar. Dia menjelaskan beberapa jenis teknik wawancara.

”Jurnalistik itu kata kuncinya adalah fakta. Jadi yang ditulis harus fakta. Kita tidak boleh mengarang cerita,” kata pria lulusan dari Fakultas Psikologi UIN Malang ini.

Mantan koordinator liputan koran Jawa Pos Radar Malang ini juga menambahkan, untuk bisa menjadi penulis yang baik, peserta workshop harus banyak menulis. Menurut dia, workshop seperti ini hanya menunjang 10 persen saja terhadap keterampilan peserta. Selebihnya, perlu kebiasaan yang terus menerus digali dalam menulis.

Dia juga mengatakan, peserta harus punya target dalam menulis, misal membuat karya dalam sehari sekali maupun seminggu sekali.

”Dengan kebiasaan yang dilakukan, kita akan mempunyai keterampilan menulis yang baik. Menurut saya, tulisan yang baik adalah memberitahu orang yang belum tahu, tanpa menggurui bagi yang sudah tahu,” kata Thoriq.

FKIK UIN Malang. (Foto: Farha Kamilatun Nuha Anwar dan Muhammad Abdullah Umar/Tugu Jatim)
Dosen Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut 10 November Surabaya (ITS) Naufan Noordyanto MSn menyampaikan materi soal multimedia.(Foto: Farha Kamilatun Nuha Anwar dan Muhammad Abdullah Umar)

Penyampaian materi selama sekitar satu setengah jam itu membuat peserta antusias. Bahkan, dia juga memberi hadiah satu buku karya Tugu Media Group berjudul “Meraih Inspirasi dari Silaturahim” kepada salah seorang peserta yang menyampaikan gagasannya dengan bagus.

Untuk pemateri kedua soal multimedia diberikan Dosen Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut 10 November Surabaya (ITS) Naufan Noordyanto MSn. Dia menjelaskan bagaimana cara membuat poster dan infografis secara detail.

Acara pun ditutup dengan doa dan foto bersama. Hadir juga dalam acara tersebut, Wadek III dr Alvi Miliana, Ketua Humas FKIK Apt Alif Firman Firdausy SFarm MBiomed, dan Ketua Pelaksana Apt Novia Maulina MFarm.

 

Penulis adalah peserta workshop yang diadakan oleh FKIK UIN Kota Malang.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan