Tip Merawat Gigi agar Tidak Mudah Berlubang

  • Bagikan
Ilustrasi seseorang perempuan sedang menggosok gigi untuk mencegah gigi berlubang. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi seseorang perempuan sedang menggosok gigi untuk mencegah gigi berlubang. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Gigi merupakan bagian tubuh yang berperan penting dalam memudahkan kita dalam mengonsumsi makanan. Gigi dapat menghaluskan makanan yang begitu tebal dan sulit dicerna perut, membuatnya lembut dan mudah diterima oleh usus dan lambung. Malas merawat gigi, membuat gigi cepat berlubang. Tugu Jatim punya tips buat kalian yang ingin memberi perhatian lebih pada gigi.

1. Sikat gigi setelah makan

Salah satu cara mudah merawat gigi yang perlu dibiasakan adalah menyikat gigi setelah makan. Makanan yang dikonsumsi pasti meninggalkan sisa di sela-sela gigi dan kalau tidak dibersihkan bisa membuat gigi menjadi kotor. Hal itu perlu diatasi dengan melakukan sikat gigi setelah kalian makan, minimal sehari dua kali. Atau apabila tidak sempat sikat gigi, berkumurlah.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

2. Bersihkan gigi dengan berkumur

Melakukan kebiasaan berkumur juga hal yang penting. Berkumur bisa menjaga gigi tetap bersih, apalagi memakai cairan kumur khusus yang dapat membunuh berbagai kuman dalan mulut. Berkumur juga dapat membantu menghilangkan bau mulut setelah makan pagi, siang, atau malam. Perlu dibiasakan, pelan-pelan saja tidak mengapa.

3. Pakai pasta gigi yang ada flouridenya

Pasta gigi banyak sekali macamnya, coba kalian cari pasta gigi yang mengandung flouride. Hal itu membantu kita untuk melindungi gigi dari senyawa asam yang juga dapat menimbulkan plak pada gigi. Flouride juga bisa melindungi dan memperbaiki lapisan enamel pada gigi. Akan tetapi untuk pengguna anak-anak bisa konsultasi ke dokter dulu.

4. Jangan makan yang bisa menyebabkan gigi berlubang

Selain itu, kita juga perlu menjaga kebiasaan makan kita agar lebih selektif dan tidak sembarangan. Hindari makan yang bisa menyebabkan gigi berlubang, jangan banyak makan coklat, permen, kue, keripik, dan lain-lain. Selain itu, makanan dan minuman yang terlalu manis serta banyak mengandung gula juga perlu dikurangi.

5. Periksa gigi ke dokter scara rutin

Selain berupaya menjaga sendiri kesehatan gigi, kita juga perlu berkonsultasi, bertanya dan periksa ke dokter secara rutin. Karena dokter adalah seorang yang memang mempunyai spesialis melihat apakah gigi kita dalam kondisi baik atau sebaliknya. Selain itu, kita juga bisa memperbaiki gigi tepat waktu bila terjadi kerusakan, tidak telat dalam menangani.

Itulah tips merawat gigi agar tidak mudah berlubang. Apakah kalian sudah mencobaya? Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. (Rangga Aji/gg)

  • Bagikan