Viral, "Menghidupkan" Foto melalui Aplikasi MyHeritage - Tugujatim.id

Viral, “Menghidupkan” Foto melalui Aplikasi MyHeritage

  • Bagikan
Aplikasi MyHeritage di Play Store. (Foto: Retno Dwi/Tugu Jatim)
Aplikasi MyHeritage di Play Store. (Foto: Retno Dwi/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Media sosial (medsos) tengah ramai dan viral oleh unggahan pengguna dari aplikasi MyHeritage. MyHeritage merupakan aplikasi yang mampu membuat objek foto seolah menjadi hidup kembali.

Melalui fitur Deep Nostalgia yang bertenaga Artificial Intelligence (AI), aplikasi ini memungkinkan sebuah foto berubah menjadi gambar bergerak. Dalam menganimasikan foto, MyHeritage menggunakan lisensi AI dari D-ID. Program ini menggunakan video driver gerakan wajah yang telah direkam sebelumnya. Secara otomatis, video driver tersebut akan diaplikasikan pada foto yang diunggah ke aplikasi MyHeritage.

Aplikasi MyHeritage dimanfaatkan oleh banyak pengguna untuk mengenang sosok terkasih dalam hidup mereka. Lantaran objek yang ada dalam foto dimungkinkan bisa berkedip, menggerakkan kepala, hingga menyunggingkan senyum. Hal ini dianggap dapat sedikit mengobati rasa rindu pada orang terkasih yang sudah tiada.

Melansir dari The Verge, MyHeritage hanya mampu menganimasikan objek wajah, baik dalam bentuk foto, patung, ataupun lukisan.

Untuk mencoba fitur yang mampu menghidupkan foto jadul ini, pengguna bisa mengunduh aplikasi MyHeritage di Google Play Store dan menginstalnya di gadget masing-masing. Tugu Jatim memberikan cara untuk menganimasikan foto di MyHeritage:

1. Membuat akun pada aplikasi MyHeritage.
2. Klik “Photos”.
3. Klik ikon “+” yang terletak di sebelah kanan bawah.
4. Klik “Add Photos” untuk memilih foto yang diinginkan yang sudah ada di gadget, atau klik “Scan photos & docs” untuk opsi mengambil foto secara langsung.
5. Klik ikon yang berbentuk “bulat dan bergaris tiga” di sisi atas.
6. Tunggu hingga proses pengeditan selesai dan foto bisa bergerak.

Dengan viralnya aplikasi MyHeritage ini, total unduhan aplikasi MyHeritage di Google Play Store ini telah mencapai 10 juta unduhan. (Retno Dwi/ln)

  • Bagikan