Viral Rombongan Wali Kota Malang Nekat Gowes Bareng ke Pantai Kondang Merak Saat PPKM Level 3 - Tugujatim.id

Viral Rombongan Wali Kota Malang Nekat Gowes Bareng ke Pantai Kondang Merak Saat PPKM Level 3

  • Bagikan
Rombongan gowes Wali Kota Malang, Sekda Kota Malang, dan beberapa pegawai Pemkot Malang tampak memberikan penjelasan kepada pihak kepolisian dalam video yang beredar. (Foto: Dokumen/Tangkapan Layar) tugu jatim
Rombongan gowes Wali Kota Malang, Sekda Kota Malang, dan beberapa pegawai Pemkot Malang tampak memberikan penjelasan kepada pihak kepolisian dalam video yang beredar. (Foto: Dokumen/Tangkapan Layar)

MALANG, Tugujatim.id – Video rombongan Wali Kota Malang Sutiaji yang tengah gowes (bersepeda) bersama dan mencoba masuk ke kawasan Pantai Kondang Merak, Kabupaten Malang mendadak viral di jejaring perpesanan WhatsApp, Minggu (19/9/2021). Hal tersebut menjadi sorotan masyarakat lantaran hingga hari ini, Malang Raya masih menerapkan PPKM Level 3.

Tak hanya Wali Kota Malang Sutiaji, dalam video yang beredar juga tampak Sekda Kota Malang, Erik Setyo Santoso dan juga beberapa pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yang lain.

Menanggapi hal tersebut, pihak Pemkot Malang menyatakan bahwa sebenarnya rombongannya tidak niat untuk berwisata ke Pantai Kondang Merak, melainkan hanya sekadar istirahat.

“Sempat masuk sebentar, terus kembali lagi. Cuman istirahat saja dari pada istirahat di pinggir jalan,” ujar Kabag Humas Pemkot Malang, Donny Sandito saat dikonfirmasi terkait hal tersebut.

Sementara dalam video yang beredar, tampak pihak kepolisian memberi teguran kepada rombongan dari Pemkot Malang yang gowes tersebut. Kemudian pihak Pemkot Malang juga tampak memberi penjelasan kepada pihak kepolisian.

Donny menyampaikan bahwa pihaknya sebenarnya mengetahui bahwa tempat wisata di Malang Raya sedang ditutup. Untuk itu, pihaknya meminta izin terlebih dahulu kepada polsek setempat untuk numpang istirahat.

Namun, lantaran terkendala sinyal, pihaknya tak bisa menghubungi sang kapolsek yang ternyata berada di Kota Malang.

“Sebenarnya ditolak enggak, cuman memang mungkin jajaran di bawah, di sana kan sinyalnya jelek. Kebetulan Kapolsek juga masih di kota (Malang, red), jadi gak bisa dihubungi,” jelasnya.

Donny juga mengaku bahwa sebenarnya rombongan gowes tidak berniat menuju Pantai Kondang Merak. Namun tujuan utamanya adalah ke Jalur Lintas Selatan (JLS).

“Kan kita di situ (Pantai Kondang Merak, red) cuman istirahat terus langsung kembali. Di situ ya cuma setengah jam,” imbuhnya.

Ia mengakui bahwa dalam rombongan tersebut memang terdapat Wali Kota Malang, Sekda Kota Malang, dan sejumlah jajaran Pemkot Malang lainnya.

“Ada Pak Wali, Pak Sekda, sama teman-teman yang biasanya sepedaan. Tujuannya cuman gowes, makanya izin dulu, karena tahu kalau ditutup,” pungkasnya.

Paksa Masuk Pantai Kondang Merak, Rombongan Wali Kota Malang Terancam Kena Sanksi

  • Bagikan