News  

Wajib Vaksin Ketiga Seminggu Lagi, Masyarakat Sulit Cari Gerai Booster Sinopharm

Ilustrasi vaksin booster jenis Sinopharm cukup sulit didapatkan.
Ilustrasi vaksin booster jenis Sinopharm cukup sulit didapatkan. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan wajib vaksin booster setidaknya seminggu lagi. Namun, masyarakat yang sedari awal mendapatkan vaksin satu dan dua jenis Sinopharm mengaku sulit mendapatkan booster itu. Hanya ada segelintir gerai yang menyediakan, itupun jumlahnya terbatas.

Dilansir dari biofarma, kesulitan untuk mendapat vaksin jenis ini karena Sinopharm adalah bagian dari vaksinasi gotong royong (VGR). Sementara, vaksin Covid-19 yang digunakan saat vaksinasi gotong royong tidak sama dengan vaksinasi program pemerintah.

Pendistribusian vaksin program pemerintah yaitu Sinovac, Astrazeneca, Pfizer, dibiayai oleh pemerintah. Adapun vaksin VGR yaitu Sinopharm dan Cansino, dilaksanakan oleh Bio Farma ke fasilitas pelayanan kesehatan yang sumber biayanya dari pendanaan masing-masing Badan Usaha untuk karyawannya.

Baca Juga363 Ribu Dosis Vaksin PMK Jatim Habis Minggu Ini, Prioritas Sapi Perah

Karena itu, berbeda dengan vaksin program pemerintah yang tersedia di mana saja, kebanyakan vaksin Sinopharm hanya bisa didapatkan dari fasilitas pelayanan kesehatan yang bekerja sama dengan Bio Farma atau perusahaan yang menyediakan.

Selain itu, berbeda dengan penerima vaksin program seperti Sinovac, Astrazeneca, dan Pfizer yang bisa mendapatkan vaksin booster dengan jenis yang berbeda (heterolog), penerima vaksin Sinopharm harus mendapatkan vaksin booster jenis yang sama (homolog) dengan dosis penuh.

Hal ini sesuai dengan surat yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI nomor SR.02.06/C/274/2022 tentang penambahan regimen vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan (booster) dapat diberikan pada penerima vaksinasi primer heterolog, yaitu

  1. Vaksin primer jenis Sinovac bisa melanjutkan dengan vaksin booster jenis Astrazeneca (separuh dosis), Pfizer (separuh dosis), Moderna (dosis penuh), atau Sinopharm (dosis penuh).
  2. Vaksin primer jenis Astrazeneca bisa melanjutkan dengan vaksin booster jenis Moderna (separuh dosis), Pfizer (separuh dosis), atau Astrazeneca (dosis penuh).
  3. Vaksin primer jenis Pfizer bisa melanjutkan dengan vaksin booster jenis Moderna (separuh dosis), Pfizer (dosis penuh), atau Astrazeneca (dosis penuh).

Akan tetapi masyarakat tidak perlu terlalu khawatir, karena vaksin Sinopharm tersedia di seluruh apotik Kimia Farma di Indonesia. Mulai dari periode 1 sampai 31 Juli 2022, Kimia Farma menyediakan vaksinasi primer maupun booster. Adapun cara daftarnya sebagai berikut:

Pendaftaran

– Kunjungi link https://bit.ly/csrvgrkfd untuk mendaftarkan diri dan reservasi.
– Isi biodata seperti nama, NIK, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, dan alamat.
– Pilih provinsi dan kota sesuai domisili Anda agar dapat diarahkan pada outlet Kimia Farma yang menyediakan vaksinasi booster.
– Pilih Tanggal Reservasi Anda sesuai waktu yang tersedia, setiap Klinik / Laboratorium memiliki waktu yang berbeda-beda.
– Klik opsi daftar, Anda sudah teregistrasi.

Persyaratan

– Telah mendapat vaksin 1&2 jenis Sinopharm/Sinovac
– Telah vaksin kedua minimal 3 bulan dan sembuh dari Covid-19 minimal 3 bulan
– Dalam kondisi sehat
– Berusia lebih dari 18 tahun
– Membawa fotokopi KTP/KK.


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim