5 Cara Mengatasi Kulit Kering agar Tetap Lembap dan Sehat

  • Bagikan
Ilustrasi perawatan dan cara mengatasi kulit kering. (Foto: Pexels)
Ilustrasi perawatan dan cara mengatasi kulit kering. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Perubahan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau saat ini tentu akan berdampak bagi kesehatan manusia, terutama di era pandemi saat ini. Tak hanya kesehatan tubuh, hal ini juga akan berdampak kepada kondisi kulit. Tiap manusia pastinya memiliki permasalahan kulit yang berbeda-beda, salah satunya adalah kulit kering

Kulit kering merupakan kondisi kulit yang kekurangan cairan di lapisan luar kulit. Tanda–tanda dari kulit kering adalah permukaan kulit yang kasar, kulit terasa tertarik, dan lainnya. Memiliki kulit kering yang berlebihan dan tidak dirawat dengan baik dapat menimbulkan iritasi dan juga kulit kelupas. Maka dari itu, kita perlu untuk menjaga kelembaban kulit. Yuk simak 5 cara ini agar kulit keringmu teratasi!

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

1. Mengonsumsi Buah-buahan

Buah–buahan tentu memiliki khasiat yang sangat banyak. Salah satunya adalah dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kering. Diantaranya adalah buah jeruk, tomat, kiwi, apel, semangka, dan lain sebagainya.

Kandungan yang dimiliki oleh buah – buahan tersebut sangatlah baik bagi kesehatan tubuh, yaitu vitamin A, C, E, B dan dapat membuat kulit terlihat sehat dan juga melembabkan kulit. Tak jarang buah – buahan tersebut dijadikan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan skincare.

2. Menggunakan Pelembab

Pelembab merupakan salah satu skincare yang dapat melembabkan kulitmu dari pemakaian luar. Dengan menggunakan pelembab tentu akan membuat kulit menjadi lebih halus dan meminimalisir adanya kulit kering yang terkelupas

Selain itu, apabila menggunakan pelembab yang terdapat kandungan SPF, tentu dapat melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B. Sinar ini adalah sinar yang berasal dari matahari, sehingga dapat meminimalisir kerusakan pada kulit. Tak di pungkiri penggunaan SPF ini sangatlah penting baik saat di luar rumah ataupun di dalam rumah.

3. Hindari Produk untuk Kulit yang Mengandung Alkohol

Banyaknya macam skincare membuat kita harus pandai memilah mana yang cocok untuk kulit ktia. Tak jarang dari beberapa skincare masih terdapat alcohol di dalam kandungannya. Untuk kulit yang kering, sebaiknya menghindari produk yang mengandung alkohol.

Namun, tak semua alcohol dalam skincare buruk untuk kulit. Beberapa jenis alkohol yang perlu dihindari adalah alkohol jenis ethanol. Jenis alcohol yang masih dapat kamu gunakan dalam skincare adalah cetearyl, glycol, dan lain sebagainya.

4. Perbanyak Mengonsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air putih tentu sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan kita. Namun terdapat juga beberapa orang yang masih kurang menyadari akan pentingnya mengonsumsi air putih, paling tidak 8 gelas sehari.

Khasiat yang dimiliki dari mengonsumsi air putih yang cukup sangatlah banyak dan tentunya baik bagi berbagai aspek di dalam tubuh. Walaupun terkadang manfaatnya tidak dapat dirasakan secara langsung, namun air putih dapat membantu kulit terasa lebih lembab, dan juga kenyal

5. Kurangi Intensitas di Ruangan ber-AC

Lamanya durasi dalam bekerja ataupun belajar di suatu ruangan tentu tak terhindar dari penggunaan AC. Walaupun AC dapat menyesuaikan suhu yang kita butuhkan, namun tentu dapat membuat kulit kita menjadi kering apabila terlalu lama.

Untuk itu, berilah jeda beberapa kali saat sedang bekerja di ruangan ber AC, seperti berjalan di luar ruangan, dan lain sebagainya. Selain karena kesehatan kulit, terlalu lama di ruangan ber AC juga dapat menyebabkan dampak lain seperti mata kering, gangguan pernafasan, hingga sakit kepala.

Nah, itu dia 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan kulit kering. Jika kamu mengalami kulit yang kering, jangan dibiarkan, ya! Karena akan merusak kulit dan dapat berdampak panjang pada kesehatan kulit. (Adinda Novira Hardinanto/gg)

  • Bagikan