5 Fakta Menarik tentang NASA, Badan Penerbangan dan Antariksa Milik AS - Tugujatim.id

5 Fakta Menarik tentang NASA, Badan Penerbangan dan Antariksa Milik AS

  • Bagikan
Ilustrasi NASA ketika meluncurkann roket ke luar angkasa. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi NASA ketika meluncurkann roket ke luar angkasa. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Ada sebuah lembaga antariksa bernama National Aeronautics and Space Administration (NASA) merupakan salah satu badan antariksa terbesar di dunia milik Amerika Serikat. Pada 1969, NASA sempat mengirimkan manusia pertama ke bulan. Lalu 30 tahun kemudian NASA mulai mengorbitkan stasiun luar angkasa yang masih beroperasi sampai sekarang. Tugu Jatim sudah merangkum 5 fakta menarik tentang NASA yang belum kalian ketahui.

1. NASA Merekam Lagu Bumi dari Luar Angkasa

Ada sebuah rekaman lagu, nyanyian yang terdengar itu berasal dari Bumi. Dijuluki dengan ‘Earthsong’ yang dinyanyikan oleh Bumi kemudian dirilis NASA pada 2012. Lagu itu direkam oleh Radiation Belt Storm Probes dan mempunyai fenomena bernama Chorus. Jadi, dalam emisi radio yang berisi gelombang plasma, di sabuk radiasi Bumi atau Van Allen.

2. NASA Perancang Pakaian Renang Sempurna

NASA yang melakukan kerjasama dengan pembuat pakaian renang asal Amerika Serikat, Speedo, melakukan desain baju renang baru yang dapat mengurangi gesekan, seretan air atau drag. Setelah melakukan uji coba pada 60 bahan berbeda, NASA akhirnya menemukan rancangan LZR Racer. Pakaian renang rapat, dilas memakai ultrasonik, terbuat dari anyaman elastan-nilon, xan polyrethan.

3. NASA Menjalani Latihan di Alam Liar

Sebelum menjadi seorang asronot, ternyata kita perlu melakukan latihan fisik secara berat. Salah satunya apa yang dilakukan NASA ialah menjalani berbagai macam latihan di alam liar. Mengingat, di luar angkasa merupakan tempat yang lebih liar dari alam liat di bumi. Latihan lain ialah di dalam air, karena berbagai rintangan yang makin berat.

4. Gedung Terbesar NASA memiliki Cuaca Sendiri

Ada gedung yang dimiliki oleh NASA bernama Vehicle Assembly Building (VAB) di Kennedy Space Center, apabila dilihat dari volume dan luas gedungnya merupakan bangunan terbesar kelima di dunia. VAB memiliki volume interior lebih dari 3,7 juta meter kubik. Sangat besar sekali ya, untuk ukuran gedung dari lembaga antariksa.

5. NASA Sempat Melakukan Mogo Kerja di Luar Angkasa

Tepatnya pada tahun 1974, tim bernama Skylab 4 menghabiskan waktunya selama 84 hari di luar angkasa. Dengan berbagai kerja dan rutinitas yang berat, mereka melakukan mogok kerja dan merupakan mogok kerja pertama kali di dunia yang dilakukan di luar angkasa. Hebat sekali, sekaligus unik.

Itulah 5 fakta mengenai NASA yang mungkin belum diketahui oleh pembaca? Dulu sebagian kawan-kawan, ada yang mempunyai cita-cita masuk ke NASA dan menjadi seorang astronot.

  • Bagikan