Ajak 1.000 Orang Berliterasi, Begini Strategi Tim Garuda Literasi

  • Bagikan
Garuda Literasi mengajak 1.000 orang agar menggaungkan semangat dan budaya literasi. (Foto: Dokumen)
Garuda Literasi mengajak 1.000 orang agar menggaungkan semangat dan budaya literasi. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Tim Garuda Literasi gencarkan minat literasi pemuda dengan mengajak 1000 peserta untuk bergabung. Garuda Literasi merupakan sebuah komunitas yang dibawahi oleh Pondok Inspirasi. Dalam upaya mencapai 1.000 peserta tim Garuda Literasi menyusun strategi untuk berhasil mencapai sasaran, diantaranya adalah kerjasama dengan beberapa komunitas, menggalakkan literasi di SMA, hingga meggalakkan boomshare ke semua media sosial.

“Komunitas Garuda Literasi ini sangat berpotensi untuk memajukan kegiatan literasi, anak muda zaman sekarang harus banyak baca agar jadi generasi yang lebih cerdas” tutur Hendro Fujiono, ST., MS., PhD Pembina sekaligus Co- Founder FujiShepherd & Associates.

Gerakan literasi ini diinisiasi sebagai upaya meningkatkan angka literasi di Indonesia. Faktanya, berdasarkan data UNESCO minat baca Indonesia hanya 0,001% yang artinya 1000 orang Indonesia hanya 1 yang rajin membaca.

“Kami sangat semangat menggalakkan literasi di komunitas Garuda Literasi ini, strategi kami tentunya tak bisa biasa-biasa saja. Kami juga akan menggelar berbagai macam pelatihan seperti pelatihan, jurnalistik, menulis buku, design grafis, content creator. Pastinya kami juga menggandeng kerjasama dengan komunitas bahkan sampai Internasional untuk memperluas relasi” kata Rosita, anggota Tim Strategi Garuda Literasi.

Banyak benefit yang bisa diperoleh sebagai member Garuda Literasi. Beberapa diantaranya yaitu, relasi dari berbagai komunitas baik nasional maupun internasional, pelatihan untuk meningkatkan keahlian, wadah untuk mengembangkan minat dibidang content creator, kepenulisan, dan sastra, serta wadah berdiskusi untuk anak muda.

Garuda Literasi merupakan wadah bagi anak muda yang ingin mengupgrade diri di dunia literasi. Komunitas Garuda Literasi dibawahi langsung oleh Pondok Inspirasi dan di bangun pada tanggal 2 Mei 2021. Anggota Garuda Literasi terdiri dari mahasiswa dan siswa SMA yang tersebar di wilayah Indonesia. Program Garuda Literasi di antaranya adalah pelatihan jurnalistik, literasi digital, insight of the day, literasi mingguan, dan literasi Akbar.

 

Oleh: Siti Is Rupiah, Manajemen Pondok Inspirasi

  • Bagikan