AMERTA: Wajah Baru Buku Cerita Anak - Tugujatim.id

AMERTA: Wajah Baru Buku Cerita Anak

  • Bagikan
Dua buku AMERTA yang disusun oleh para mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM). (Foto: Dokumen)
Dua buku AMERTA yang disusun oleh para mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM). (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – “AMERTA” buku kumpulan cerita pendek anak-anak sebagai wujud nyata tidak surutnya kreativitas dan inovasi mahasiswa meskipun terhalang pandemi Covid-19. Pandemi mengakibatkan kebersihan dan kesehatan menjadi fokus utama yang harus diperhatikan oleh masyarakat, terlebih lagi untuk anak-anak yang terkadang belum memahami pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan diri maupun lingkungan.

Oleh sebab itu, Mahasiswa KKN Tematik JSI UM berinisiatif untuk menyusun sebuah buku yang menarik minat baca serta bisa menambah wawasan anak-anak agar mereka mengerti pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Buku ini disusun oleh Hirlya Intan Febryan bersama sembilan teman-temannya yaitu Alvi Tita Wijaya, Aisyah Adiningsih, Asih Kusumawati, Nila Mahardikawati, Nurul Khisbiyah, Nova Barik, Ralla Amadeo, Putri Purwaningtyas, dan Selvi Rizkian dengan didampingi Bu Dewi Ariani selaku Dosen Pembimbing dari Kelompok 6 KKN Tematik Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang.
Buku bacaan tersebut diberi judul AMERTA (Ayo Membaca Cerita) Seri 1 dan 2 yang mana setiap seri buku berisi 10 cerita pendek bertemakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Mengingat di masa pandemi seperti sekarang ini, sektor kesehatan memiliki peran yang sangat dominan, faktor itulah yang mendasari Kelompok 6 KKN JSI UM untuk mengangkat tema PHBS.

Buku ini disusun sebagai solusi bagi guru untuk menghadapi program peningkatan sistem evaluasi pendidikan yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek, yakni AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum di mana salah satu sektor utama penilaian dalam AKM adalah literasi sastra. Sehubungan dengan hal itu, “AMERTA” dapat digunakan guru untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas.

Buku ini memuat beberapa bagian penting yakni tujuan, petunjuk penggunaan, cerita pendek, kutipan nilai-nilai kehidupan dan penjelasannya, kutipan berita sebagai studi kasus, serta refleksi. Hadirnya penjelasan kutipan nilai-nilai penting kehidupan dan refleksi di akhir cerita menjadi inovasi yang diberikan untuk melatih anak-anak agar tidak hanya sekadar membaca, tetapi juga memahami isi serta penerapannya dalam kehidupan.

“AMERTA” rencananya akan dipublikasikan sekaligus dihibahkan kepada SDN 1 Babadan di Desa Babadan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang pada tanggal 6 Juni 2021 di acara Peluncuran Buku dan Penutupan KKN Tematik JSI UM 2021.

 

Penulis: Hirlya Intan Febryan dan Nila Mahardikawati

  • Bagikan