Bantu Belajar Ajak Relawan Bantu Kesulitan Siswa Selama Pembelajaran Daring - Tugujatim.id

Bantu Belajar Ajak Relawan Bantu Kesulitan Siswa Selama Pembelajaran Daring

  • Bagikan
Tangkapan layar acara Ngobrolin Bantu Belajar (NGOBDAR) pada Sabtu (5/9/2021). (Foto: Dokumen) tugu jatim
Tangkapan layar acara Ngobrolin Bantu Belajar (NGOBDAR) pada Sabtu (5/9/2021). (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Bantu Belajar sebagai lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan menghadirkan program Relawan Bantu Belajar Batch 1. Tujuan dari program tersebut yaitu untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya terhadap para siswa yang terkendala akibat pandemi covid-19. Pada program Relawan Bantu Belajar Batch 1 ini berhasil memikat animo masyarakat dengan banyaknya pendaftar yang mencapai 1.324 orang.

Dalam menyambut relawan yang telah lolos seleksi, Bantu Belajar mengadakan live Instagram yang bertajuk NGOBDAR (Ngobrolin Bantu Belajar) pada Sabtu, (4/9/2021). Dalam live instagram ini sesi tanya jawab digawangi langsung oleh Agus Harianto, Ketua Yayasan Pondok Inspirasi. NGOBDAR kali ini menjelaskan terkait latar belakang diadakannya program Relawan Bantu Belajar kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para peserta yang dipandu oleh Cut Mirna Rita dan Disgie Ulfika sebagai tim dari @bantubelajar.

“Di masa pandemi ini banyak siswa yang memiliki kendala dalam program belajar online karena berbagai faktor salah satunya yaitu adanya gap antara pendidikan dengan teknologi. Bantu Belajar ini memberikan fasilitas kepada siswa SD hingga SMA di seluruh Indonesia dan mengajak para relawan dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki semangat luar biasa untuk saling bahu membahu dan saling membantu di masa pandemi ini,” ujar Agus pada Sabtu (4/9/2021)

Tangkapan layar acara Ngobrolin Bantu Belajar (NGOBDAR) pada Sabtu (5/9/2021). (Foto: Dokumen) tugu jatim
Tangkapan layar acara Ngobrolin Bantu Belajar (NGOBDAR) pada Sabtu (5/9/2021). (Foto: Dokumen)

Disgie menambahkan bahwa relawan yang terpilih merupakan relawan yang memiliki niat dan tekad yang kuat sehingga berbagai kalangan dapat turut berpartisipasi dalam program Relawan Bantu Belajar Batch 1. Peserta yang berpartisipasi dalam gerakan Relawan Bantu Belajar ini berasal dari daerah yang berbeda-beda dan tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Pada program ini terdapat 1.114 relawan yang dinyatakan lolos. Program ini dapat dilakukan oleh relawan baik secara online maupun offline sesuai dengan kondisi dan situasi masing-masing relawan sehingga dapat dilakukan secara lebih fleksibel.

Output yang diharapkan dari program ini yaitu dapat membantu para siswa yang terkendala dalam memahami materi pelajaran di sekolah dan dapat meningkatkan motivasi serta inspirasi dalam menempuh pendidikan di masa pandemi.

Bantu Belajar telah melaunching gerakan relawan pertama kalinya pada 13 agustus 2021. Pelaksanaan program ini akan segera dimulai pada 10 September 2021 dan ditutup pada Desember 2021 mendatang. Nantinya relawan akan mendapatkan pembekalan saat pertemuan perdana pada Selasa, 7 September 2021.

“Saya harap program ini dapat membantu dan memotivasi para siswa yang memiliki bergam kendala selama pembelajaran online untuk tetap semangat dalam menempuh pendidikannya terutama pada masa Pandemi Covid-19” Pungkas Agus sebelum menutup sesi NGOBDAR.

Penulis: AminaturrokhiyahEditor: Gigih Mazda
  • Bagikan